Pelatihan Berdialog Bahasa Inggris Dengan Materi Kontekstual

Fatimah Hidayahni Amin(1*), Nurharsya Khaer Hanafie(2), Seny Luhriyani(3), Riny Jefri(4), Indrawaty Asfah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i2.54505

Abstract


 

Studi PKM ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pelatihan berdialog bahasa Inggris dengan materi kontekstual. Peserta kegiatan PKM ini adalah peserta didik di SMAN 11 Makassar, yang dipilih secara acak. Pendekatan yang digunakan dalam PKM ini adalah penyuluhan dengan menerapkan tiga metode yaitu ceramah, pelatihan, dan penugasan. Kegiatan penyuluhan dilakukan secara berpasangan oleh peserta didik dan dimonitor oleh tim PKM. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan metode ceramah dilakukan dengan memperkenalkan prosedur kegiatan berdialog dan memberikan contoh-contoh percakapan kontekstual dan penggunaan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris, metode pelatihan dengan praktik mengilhami karakter dan penguasaan memproduksi ungkapan-ungkapan bahasa Inggris secara akurat, fasih, dan mudah dipahami, dan metode penugasan dengan menugaskan peserta didik untuk mendemonstrasikan dialog bahasa Inggris mereka secara berpasangan, dan mengoreksi penampilan setiap pasangan. Terdapat aspek-aspek yang menunjang pelaksanaan penyuluhan PKM ini yaitu interaksi pembelajaran yang menyenangkan, monitor yang intensif, materi pembelajaran yang menarik, dan prinsip praktik dan latihan pembelajaran yang kognitif.

Kata-kata kunci: Berdialog bahasa Inggris, materi kontekstual

                                                    Abstract

The study of this Community Service (PKM) aimed to describe the implementation of English dialogue training with contextual material. Participants in this PKM were students at SMAN 11 Makassar, who were chosen randomly. The approach used in this PKM was counseling by applying three methods, namely lectures, training and assignments. All activities were carried out by students in pairs and were monitored intensively by the PKM team. The results of the PKM showed that the lecture method was carried out by introducing dialogue procedures and providing examples of contextual conversations and the use of English expressions, the training method used practice to inspire character and mastery of producing English expressions accurately, fluently and comprehensibly, and the assignment method was executed by assigning students to demonstrate their English dialogue in pairs, and correcting each pair's performance. There were aspects that support the implementation of this PKM, namely fun learning interactions, intensive monitoring, interesting learning materials, and principles of cognitive learning practices and exercises.

Keywords: English dialogue, contextual material

 

 


Full Text:

PDF

References


Amin, Fatimah Hidayahni, Asfah, Indrawaty, Luchriyani, Seny. Implementasi debat bahasa Inggris dengan metode British Parliamentary. 2019. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar Vol 2019, No 10 PROSIDING 10 Hal 627-630. ISBN: 978-623-7496-01-4 627. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11915

Amin, Fatimah Hidayahni, Hikmah, Siti. Implementasi Teknik Pemberian Langsung dalam Pengajaran Percakapan Bahasa Inggris. 2015. Prosiding KOLITA 13: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas Tingkat Internasional. Hal 105-109. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&id=300581&src=a

Ardi, Kurniawan dkk. 2022. Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (Scl). (n.p.): Wiyata Bestari Samasta.

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plains: Pearson Education, Inc.

Cready, George Mc. Developing a Lesson around Dialogue. 1975. English Teaching Forum, volume XII Nomor 1 & 2.

Dobson, Julia. Dialogues: Why, when, and How to Teach Them. 1975. English Teaching Forum, Volume XIII Nomor 1 & 2, United States of America.

Hartina, St., Salija, Kisman, Amin, Fatimah Hidayahni. Teachers’ Techniques in Teaching English to Young Learners at TK Bambini School of Makassar. 2019. Indonesian TESOL Journal, 1(1), 1-88 (2019). e-ISSN: 2622-5441(Online). https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ITJ/article/view/538

Heaton, J. B. 1988. Writing English Language Tests. NewYork: Longman Group UK Limited.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan Cet. VI, 2013. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Molinsky, J. & Bliss, Bill. 1980. “Side by Side” English Grammar through Guided Conversations. Prentice Hall

Soghirun, Muh. Amin, Fatimah Hidayahni, Weda, Sukardi. Students’ Perception of Storytelling Technique in Enhanced Speaking Skill. 2022. Journal of Technology in Language Pedagogy (JTechLP) Vol. 1, No. 4, (2022), hal. 487 – 499. https://ojs.unm.ac.id/JTechLP/article/view/40826

Umar, Aqilah Muthiasari, Nurhaedah, Nurfaizah AP. Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA di Kota Makassar. 2022. Pinisi Journal of Education Vol 2 No.6 (2022). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/download/37288/18079


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatimah Hidayahni Amin, Nurharsya Khaer Hanafie, Nurharsya Khaer Hanafie, Seny Luhriyani, Seny Luhriyani, Riny Jefri, Riny Jefri, Indrawaty Asfah, Indrawaty Asfah

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .