Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMK Yamasi di Kota Makassar

Saifuddin Saifuddin(1*), Sopian Tamrin(2), Muhammad Akhsan Tenrisau(3), Muhammad Aksha Wahda(4), Jusmawati Jusmawati(5),

(1) universitas negeri makassar
(2) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Manajemen, FE dan Bisnis UMI
(4) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(5) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i2.53505

Abstract


Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, menegaskan guru harus menjadi pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Profesional dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbagai aspek. Tidak hanya memiliki kompetensi dalam pembelajaran, tetapi dalam hal penulisan karya ilmiah menjadi keharusan. Pola Pembinaan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Ilmiah harus ditingkatkan secara simultan dan berkesinambungan.

Bagi sebagian guru, karya ilmiah merupakan hal yang dianggap“pekerjaan yang sulit”. Akibatnya karya ilmiah menjadi hambatan dalam berbagai hal. Padahal kemampuan menulis karya ilmiah menjadi keharusan bagi seorang guru profesional. Baik dalam peningkatan karier maupun peningkatan pengetahuan dan intelektualitas yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam proses pembelajarannya.

Kemampuan penulisan karya ilmiah yang dimiliki oleh seorang guru tidak datang dengan sendirinya, melainkan dengan banyak latihan dan kerja keras untuk menguasainya. Bukan hal tidak mungkin seorang guru dapat menulis karya ilmiah, baik penelitian tindakan kelas maupun penelitian lainnya yang berbasis pada keilmuan guru tersebut. Penguasaan penulisan karya ilmiah yang terlatih akan memudahkan guru dalam menulis dengan benar sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Jika sudah terbiasa menulis dan menghasilkan banyak karya tulis, akan menunjukkan kualitas pendidik tersebut dan memberi penilaian positif bagi  lembaga di mana guru tersebut mengabdikan dirinya.

 


Keywords


guru professional, karya ilmiah, pelatihan, penulisan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimo, Suhardjono, and Supardi. 2009. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksra.

Haryanto. 2006. “Rambu-Rambu Dan Kiat Menulis Artikel Ilmiah Dalam Upaya Penerbitan Berkala Ilmiah Terakreditasi. Disampaikan Dalam Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah Di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.” in Lokakarya Penerbitan Majalah Ilmiah di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Yogyakarta.

Kusmayadi, Eka. 2013. “Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Untuk Mengelola Artikel Jurnal Online.” Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Di Perpustakaan Univeritas Al’Azhar, Desember 2013. (20):1–24.

Nugroho, Hery. 2011. Cara Mudah Menjadi Guru Penulis. Semarang: Dahara Prize.

Salija, Kisman. 2017. “Mendeley Menciptakan Komunitas Ilmiah Melalui Kerjasama Peneli?An.” Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tamrin, Sopian, Rsudi, and Sulmiah. 2021. “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Kabupaten Barru.” Pp. 91–96 in Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021. Makassar: LP2M UNM.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 saifuddin saifuddin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .