Bimbingan Lintas Kampus (BLK) bagi Mahasiswa tentang Urgensi Menulis Karya Ilmiah

Anshari Ismail(1*), Firman Umar(2), Mauliadi Ramli(3), Sopian Tamrin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Makassar.
(3) Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i1.47475

Abstract


Bimbingan lintas kampus (BLK) tentang urgensi menulis karya ilmiah pada mahasiswa (Universitas Sawerigading) adalah bagian dari upayah, dalam melakukan kegiatan darma perguruan tinggi, khususnya darma pengabdian. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunaknan pendekatan bimbingan cerama bervariasi, guna memberikan stimulus dan pemahaman mahasiswa dalam menyimak materi. Dalam bimbingan mahasiswa ditunjuk oleh pimpinan prodi, guna mewakili rekan-rekannya.  Hasil bimbingan menunjukkan : (1). Menambah wawasan akademik mahasiswa tentang urgensi karya ilmiah, (2). Mahasiswa  dapat terubah mind set nya dalam memahami pentingnya karya ilmiah. Demikian juga dengan pengabdian ini, dapat merangsang daya minat untuk menulis, guna terlahirnya, pemahaman secara komprehensif. Dalam kaitan ini,  kepemahaman ---kepada mahasiswa secara  kognitif, psikomotorik, maupun apektif (sikap ilmiah), tentang  urgensi karya ilmiah.

Abstract. Cross-campus guidance (BLK) regarding the urgency of writing scientific papers for students (Sayerigading University) is part of the effort, in carrying out higher education dharma activities, especially service dharma. This service is carried out using a variety of lecture guidance approaches, in order to provide stimulus and students' understanding in listening to the material. In student guidance appointed by the study program leader, to represent his colleagues. The results of the guidance show: (1). Adding students' academic insights about the urgency of scientific work, (2). Students can change their mindset in understanding the importance of scientific work. Likewise with this dedication, it can stimulate interest in writing, for the birth of a comprehensive understanding. In this regard, understanding --- to students cognitively, psychomotorically, and affectively (scientific attitude), about the urgency of scientific work

Full Text:

PDF

References


Arief, Burhan. 1995. Penetapan Thesis Penelitian sebagai Kunci Keberhasilan Penusunan Tesis dan Disertasi. Bandung. UNPA

Ismail, Ashari. 2020. PKM Membangun Kemandirian Sosial dalam Literasi dan Conscience Kewirausahaan . Makassar. FIS UNM.

Ismail, Ashari 2011. IbM Pondok Pesantren (bimbingan Penulisan Karya tulis ilmiah Bagi Santri tsanawiyah / Aliyah Pesantren Putri DDI Mangkoso). Makassar.FIS UNM

Muhahir, Nong. 1989. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta. Rake Sarasin.

Rudatan, Rs. 2006. Menjadi Kaya dengan Menulis.Yogyakarta: CV Andi Offset

Triatna, Cepi. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Penulis. Bandung. CV. Citra Praya


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anshari Ismail, Firman Umar, Mauliadi Ramli, Sopian Tamrin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .