Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Quizziz dan Canva Bagi Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa

Oki Nur Pratiwi Johansyah(1*), Asri Nur Aina(2), Zarni Aida Purna(3), Darman Manda(4),

(1) Ilmu Administrasi Negara, FIS-H UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i1.47452

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mendukung meningkatkan motivasi belajar mahasiswa tingkat atas Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum khususnya mahasiswa program studi ilmu administrasi negara Universitas Negeri Makassar program studi ilmu administrasi negara pada Universitas Negeri Makassar Mahasiswa.  Mahasiswa yang memiliki motivasi akan mampu menentukan tujuan dari proses pembelajarannya di mana kuat lemahnya atau semangat tidaknya usaha yang dilakukan     seseorang untuk mencapai tujuannya ditentukan oleh kuat lemahnya motivasi yang dimiliki orang   tersebut. Diharapkan dalam proses pembelajaran,seorang dosen sedapat  mungkin membuat skenario pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar dalam diri  mahasiswa. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini selain menumbuhkan motivasi belajar pada mahasiswa mata kuliah pelayanan prima juga diharapkan dapat diadopsi pada mata kuliah lain sehingga  dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa serta kompetensi dosen dalam membuat bahan ajar.

Abstract. The purpose of this service activity is to support increasing the learning motivation of upper-level students of the Faculty of Social Sciences and Law, especially students of the state administration science study program at Makassar State University, Makassar State University Students.  Students who have motivation will be able to determine the objectives of the learning process where the strength or lack of enthusiasm for the efforts made by a person to achieve their goals is determined by the strength or lack of motivation that person has. It is expected that in the learning process, a lecturer as much as possible makes learning scenarios that can foster learning motivation in students. The results of the implementation of this activity in addition to fostering learning motivation in prime service course students are also expected to be adopted in other courses so as to increase student competence and lecturer competence in making teaching materials.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2019). Kurikulum serta pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69.

JF, N. Z., Rahmayani, C., Humaira, H., & Sunarti, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di RA Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. AUD Cendekia, 1(1), 30–48.

Widiyanti, V., Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran DIgital Bukti-Bukti Bangunan Masjid Kuno di Palembang Berbasis Android. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 43–51


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Oki Nur Pratiwi Johansyah, Asri Nur Aina, Zarni Aida Purna, Darman Manda

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .