Pelatihan Pendidikan dan Pembentukkan Karakter Anak Sekolah Dasar, No.202 Ka’nea Desa Sapanang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto

Herman H(1*), Amirullah Amirullah(2), Nurhasya Khaer Hanafi(3), Nengsi Nengsi(4),

(1) Dosen Universitas Negeri Makassar
(2) Dosen Unibversitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i1.47434

Abstract


Pendidikan Karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada anak sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, dan tindakan untuk melaksanakan nilai- nilai tersebut. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak menjadi manusia, dan warga negara yang baik. Permasalahan sekarang pada masa pandemic covid-19 anak-anak SD lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan bermain sepanjang hari sehingga pendidikan karakter yang di dapatkan tidak terpenuhi dengan baik. Solusi yang ditawarkan melakukan sosialisasi dan pendampingan langsung kepada anak sekolah dasar untuk membangun karakter anak menjadi lebih baik dengan cara memberikan penjelasan tentang keagamaan, tanggungjawab, disiplin, kejujuran, dan kreativitas. Kegiatan pendidikan karakter anak ini lebih berfokus di SD No.202 Ka’ne Desa Sapanang. Setelah melakukan observasi lapangan, mahasiswa KKN merumuskan beberapa program kerja salah satunya yaitu, pendidikan dan pembentukan karakter anak sekolah dasar di salah satu sekolah dasar yaitu SD No.202 Ka’nea Desa sapanang,. Pendidikan dan pembentukan karakter anak ini sebagai cara untuk memperbaiki karakter anak dan membentuk kembali karakter anak di tengah kondisi Pandemic Covid-19. Hasil dari kegiatan Pendidikan dan Pembentukan Anak Sekolah Dasar oleh mahasiswa KKN Reguler dan PPL-Terpadu Universitas Negeri Makassar ini membuat sebagian besar anak-anak antusias untuk kembali ke sekolah dan menunjukkan karakter dalam hal kedisiplinan, akhak serta sopan santun.

 

Abstract. . Character education is a system of instilling character values in school children which includes components of knowledge, awareness and action to implement these values. The goal is to shape the child's personality to become a human being and a good citizen. The problem now is during the Covid-19 pandemic, elementary school children spend more time at home and play all day long so that the character education they get is not properly fulfilled. The solution offered is socialization and direct assistance to elementary school children to build better children's character by providing explanations about religion, responsibility, discipline, honesty, and creativity. This character education activity for children is more focused on SD No.202 Ka'ne Sapanang Village. After conducting field observations, KKN students formulated several work programs, one of which was education and character building for elementary school children in one of the elementary schools, namely SD No.202 Ka'nea, Sapanang Village. Education and character building for children is a way to improve children's character and reshape children's character amidst the conditions of the Covid-19 Pandemic. The results of the Education and Formation of Elementary School Children by students of the Regular and PPL-Integrated Community Service at Makassar State University have made most of the children enthusiastic about returning to school and showing character in terms of discipline, character and courtesy

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63-73.

Nurul,M.A & Wiliah, A. ( 2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar dizaman serba digital. Jurnal pendidikan dan sains. 1 (4), 35-48


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Herman H, Nengsi Nengsi, Amirullah Amirullah

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .