PKM Pelatihan Pengembangan Keterampilan Sosial bagi Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Makassar

Riri Amandaria(1*), Mauliadi Ramli(2), Mario Mario(3), Ulfa Utami Mappe(4), Ernawaty S Kaseng(5),

(1) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(5) Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i1.46466

Abstract


Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek penting bagi siswa, termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus. Setiap siswa hidup secara sosial di dalam suatu masyarakat, termasuk bagi siswa berkebutuhan khusus. Hal tersebut menunjukkan siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan interaksi dengan orang lain, seperti dengan teman sebaya. Oleh karenaitu,penanganananakberkebutuhankhusustidakterlepasdariperanseorangguru untuk memberikan dukungan dalam perkembangan kemampuan anak didiknya dalam berinteraksi sosialdenganmasyarakatluas.Akantetapi,banyakdiantaraparaguruyang kurang menyadari betapa pentingnya meningkatkan keterampilan sosial bagi siswa didiknyayangberkebutuhankhusus.Salahsatuupayayangdapatdilakukanuntukmembantu masalahtersebutadalahdenganmemberikanpelatihankepadagurudalamrangka membantu perkembangan anaknya. Luaran dari PKM ini adalah bertambahnya pengetahuandan informasi pada kelompok sasaran yaitu guru siswa berkebutuhan khusus. Diharapkan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan keterampilan sosial bagi guruuntuk anak berkebutuhan khusus diharapakan setelah mengikuti pelatihan para guru dapat mengajarkannya ke anak didiknya sehingga mampu menigkatkan keterampilan berinteraksi, beradaptasi dan berpartisipasi aktif yang memang sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus dalam kehidupan pribadi dan sosial di lingkungan keluarga di sekolah dan masyarakat luas.

Abstract.Social skills are an important aspect for students, including students with special needs. Every student lives socially in a society, including students with special needs. This shows that students with special needs also need interaction with other people, such as with peers. Therefore, the handling of children with special needs is inseparable from the role of a teacher to provide support in developing the ability of their students to interact socially with the wider community. However, many of the teachers are not aware of how important it is to improve social skills for students with special needs. One effort that can be done to help with this problem is to provide training to teachers in order to help the development of their children. The output of this PKM is an increase in knowledge and information for the target group, namely teachers of students with special needs. It is hoped that activities that aim to improve the development of social skills for teachers for children with special needs are hoped that after attending the training the teachers can teach them to their students so that they are able to improve the skills of interacting, adapting and actively participating which are really needed by children with special needs in personal and social life in family environment at school and the wider community.


Keywords


Pelatihan Pengembangan Keterampilan Sosial Guru Anak Berkebutuhan Khusu

Full Text:

PDF

References


Amtmodiwirio, S. 2018. Manajemen Pelatihan. Artadizya Jaya.

Elisa, dkk. 2022. Jurnal Basicedu. Jenis-Jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Indonesia.https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Iswari, M. (2007). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas. Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusi dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Susnanto, Juang. (2009). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Bandung: Pusat Kajian dan Inovasi Pendidikan. Sekolah Pasca Sarjana UPI.

Usman, M. Uzer, 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Winarsih, D. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat )). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Republik Indonesia.

Sukadari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an. Pelayanan Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) melalui pendidikan Inklusi. https://pgsd.binus.ac.id/2015/10/05/layanan- anak-berkebutuhan-khusus-dari-pendidikan-eksklusi-ke-inklusi.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riri Amandaria, Mauliadi Ramli, Mario Mario, Ulfa Utami Mappe, Ernawaty S Kaseng

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .