Pelatihan Penguasaan Kompetensi Dasar tentang Keterkaitan Antara Konsep Berpikir Diakronik dan Sinkronik Bagi Guru Sejarah SMA Se-Kabupaten Polewali Mandar

Muh. Rasyid Ridha(1*), Jumadi Sahabuddin(2), Supriadi Torro(3), Bustan Bustan(4), Amirullah Amirullah(5),

(1) Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Makassar
(5) Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v22i1.46102

Abstract


. Kegiatan pelatihan ini bersifat kegiatan pendahuluan. Artinya peserta lebih dahulu diberikan pemahaman materi terus dilanjutkan dengan tanya jawab disertai dengan kegiatan diskusi mengenai kompetensi dasar yang akan di ajarkan kepada peserta didik. Setelah kegiatan ini berakhir diperoleh hasil berupa 20 orang guru SMA di-Kabupaten Polewali Mandar mengikuti pelaksanaan kegiatan peningkatan penguasaan kompetensi professional khususnya pada kompetensi dasar menganalisis dampak politik, budaya, sosial, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatan penguasaan kompetensi dasar menganalisis Konsep berpikir diakronik dan sinkronik bagi guru mata pelajaran Sejarah SMA se-Kabupaten Polmas, diharapkan kepada pihak AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia) dan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat untuk tingkat SMA sederajat untuk lebih memperhatikan mengenai penguasaan kompetensi bagi para guru khususnya kompetensi profesional maupun kompetensi lainnya.

Abstract. This training activity is an introductory activity. This means that participants are first given an understanding of the material, followed by questions and answers accompanied by discussion activities regarding the basic competencies that will be taught to students. After this activity ended, the results were obtained in the form of 20 high school teachers in Polewali Mandar Regency participating in the implementation of activities to increase mastery of professional competence, especially in basic competencies to analyze political, cultural, social and educational impacts during the European colonial period (Portuguese, Spanish, Dutch, English ) in the life of the Indonesian nation. It is hoped that this training will improve the mastery of basic competencies in analyzing the concept of diachronic and synchronic thinking for History teachers at SMAs throughout Polmas District. Thus, it is hoped that the AGSI (Association of Indonesian History Teachers) and the South Sulawesi Province Education and Culture Office for high school and equivalent levels will pay more attention to the mastery of competencies for teachers, especially professional competencies and other competencies

Keywords


Berpikir Diakronik, Sejarah, Polewali Mandar

Full Text:

PDF

References


H. Abd. Kadim Masaong, 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas guru, Alfabeta, Bandung.

H. Isjoni, 2006. Grukah yang disalahkan? Menakar Posisi guru Di Tengah Dunia Pendidikan Kita, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2011. Pedoman Rintisan Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi.

Masnur Muslich, 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Moh. Uzer Usman, 2001. Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Soetjipto dan Raflis Kosasi, 1999. Profesi Keguruan, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarwan Danim, 2011. Pengenbangan Profesi Guru, dari Prajabatan, Induksi, ke Profesional Madani, Predana Media Group, Jakarta.

Sudarwan Danim dan H. Khairil, 2013. Profesi Kependidikan, Alfabeta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2016 tentang Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pattingalloang

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .