PKM Penyuluhan Peningkatan Sikap Penerimaan Mata Pelajaran Sejarah Melalui Film Sejarah Bagi Siswa SMP Negeri 2 Majene Sulawesi Barat

Amirullah Amirullah(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Khaeruddin Khaeruddin(3), Dalilul Falihin(4), Muhammad Zulfadli(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Sejarah FISH UNM
(3) Pendidikan Sejarah FISH UNM
(4) Pendidikan IPS FISH UNM
(5) Pendidikan IPS FISH UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.40721

Abstract


PKM terhadap siswa Sejarah SMP Negeri 2 Majene melalui Penyuluhan Peningkatan Sikap Pemahaman Penerimaan Mata Pelajaran Sejarah melalui Media Drama dan Film Sejarah bagi siswa SMP Negeri 2 Majene, mampu bernilai kontributif terhadap proses belajar mengajar dan tumbuhnya sikap dan kesadaran serta minat siswa-siswa tentang pentingnya pembelajaran Sejarah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu penting dukungan sekolah secara internal dan usaha pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan peningkatan proses pembelajaran yang menarik dengan penggunaan media yang berkesinambungan sesuai tuntutan zaman. Pada sisi lain, hasil pelatihan di Sekolah SMPN 2 Majene siswa mampu belajar dengan baik dan meningkatkan pemahaman sejarahnya melalui film sejarah dan mampu meningkatkan daya ingat dan kreatifitas siswa dalam mencerna pengetahuan sejarah dengan menonton film sejarah. Metode pelaksanaan program kemitraan masyarakat tentunya ditunjang dengan kelayakan Perguruan Tinggi.

Abstract. PKM towards History students of SMP Negeri 2 Majene through Counseling on Increasing Attitudes of Understanding of Acceptance of History Subjects through the Media Drama and Historical Films for students of SMP Negeri 2 Majene, able to have a contributive value to the teaching and learning process and the growth of attitudes and awareness and interest of students about the importance of learning History to improve the quality of education. In addition, it is important to support the school internally and the government's efforts to issue policies to improve the learning process that is interesting with the use of media that is sustainable according to the demands of the times. On the other hand, as a result of the training at SMPN 2 Majene, students are able to study well and increase their understanding of history through historical films and are able to improve students' memory and creativity in digesting historical knowledge by watching historical films. The method of implementing the community partnership program is of course supported by the feasibility of higher education institutions.


Full Text:

PDF

References


Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga, 2(2), 105–120.

https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Basri, M., & Sumargono. (2018). Media Pembelajaran Sejarah. Graha Ilmu.

Rochgiyanti. (2013). Posisi Materi Sejarah di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Pada Kuriukulum 2013. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 8(2), 200–206.

Sutimin, L. A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 412–426.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.98

Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan : Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134.

Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation of The Character Education In History Teaching. Historica, 1(1), 1–11.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amirullah Amirullah, Patahuddin Patahuddin, Khaeruddin Khaeruddin, Dalilul Falihin, Muhammad Zulfadli

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: [email protected]


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .