Sosialisasi Stop Bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 Pajjaiang

Dyan Paramitha Darmayanti(1), Novayanti Sopia Rukmana(2), Darman Manda(3*), sulmiah sulmiah(4), Oky Nur Pratiwi Johansyah(5), Asri Nur Aina(6), Herlina Sakawati(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) 
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.38797

Abstract


. Menghentikan bullying di sekolah dapat dicegah dengan cara melakukan pengawasan dan memberikan sanksi yang dapat membuat pelaku bullying jera. Adapun cara lain adalah dengan memberikan materi bullying dalam proses pembelajaran yang secara tidak langsung akan membawa dampak positif bagi perkembangan pribadi siswa. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menjelaskan peran sekolah dalam pencegahan bullying di Sekolah Dasar Negeri 1 Pajjaiang serta para siswa mampu mengetahui bentuk perilaku bullying dan hilangnya perilaku bullying. Program sosialisasi ini dilakukan melalui metode pelaksanaan yakni melakukan sosialisasi kepada siswa mengenai bahayanya bully di lingkungan sekolah    

Abstract. Stopping bullying in schools can be prevented by supervising and providing sanctions that can deter bullies. The other way is to provide bullying material in the learning process which will indirectly have a positive impact on students' personal development. The purpose of this service is to explain the role of the school in preventing bullying at Sekolah Dasar Negeri 1 Pajjaiang And students are able to form bullying behavior and eliminate bullying behavior. This socialization program is carried out through the implementation method, namely conducting outreach to students about the dangers of bullying in the school environment


Keywords


Bumdes, Perekonomian Desa

Full Text:

PDF

References


Assegaf, Abd. Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan : Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogya: Penerbit Tiara Wacana.

Coloroso, Barbara. 2006. Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi.

Davidoff, Linda L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga

Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, FISIP

Universitas Padjadjaran, ISSN: 2442- 448X, Vol 4, No.2, Juli 2017.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2016). Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak, 2011-2016 [Tabel Ilustrasi KPAI Juli 17, 2016]. Retrieved from http://bankdata.kpai.go.id/tabulasidata/data-kasus-per-tahun/rinciandata-kasus-berdasarkan-klasterperlindungan-anak-2011-2016.

Yuli Permata Sari, Welhendri Azwar, Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang, November 2017.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Nuryamin, Herlina Sakawati, sulmiah Sulmiah, Widyawati Widyawati

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: [email protected]


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .