Pendampingan Penulisan Artikel Bagi Guru APKS PGRI, Jakarta Timur

Jumardi Joyorejo(1*), Susilo Susilo(2), Herdin M(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Pendidikan Sejarah
(3) Pendidikan Sejarah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i1.31552

Abstract


Pentingnya meningkatkan pengembangan profesi guru terutama di era globalisasi, masih banyak guru yang kurang memahami dalam meningkatkan profesi melalui berbagai kegiatan sebagai penunjang seperti penulisan artikel, penggunaan IPTEK, dan memiliki kreativitas maupun inovasi terhadap proses pembelajaran. Problematika-problematika tersebut menimbulkan permasalahan terhadap kualitas guru di Indonesia sehingga banyak guru yang tidak dapat mengembangkan serta meningkatan profesi guru sesuai di bidang profesi nya di karenakan masih minimnya pemahaman guru dalam meningkatkan mutu melalui kegiatan yang dapat mengembangkan profesi guru. Dalam metode pelaksanaan yang di gunakan untuk mengatasi persoalan mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Pelatihan. Adapun sasaran kegiatan pelatihan ini yaitu Guru di wilayah DKI Jakarta dan waktu pelaksanaan pelatihan ini di mulai dari tanggal 12-20 November 2021. Banyak peserta sudah dapat mengembangkan ide menjadi sebuah gagasan yang dapat di manfaatkan sebagai referensi/rujukan dalam dunia pendidikan.

Abstract: In improving the development of the teaching profession, especially in the era of globalization, there are still many teachers who do not understand in improving the profession through various supporting activities such as writing articles, using science and technology, and having creativity and innovation in the learning process. These problems cause problems with the quality of teachers in Indonesia so that many teachers are unable to develop and improve the teaching profession according to their professional fields due to the lack of understanding of teachers in improving quality through activities that can develop the teaching profession. In the implementation method used to overcome partner problems in community service activities, namely training. The target of this training activity is teachers in the DKI Jakarta area and the time for this training to start from 12-20 November 2021. Many participants have been able to develop ideas into ideas that can be used as references/references in the world of education.


Keywords


Teacher, Article, Training

Full Text:

PDF

References


Dwi, A., Putri, K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 202–211.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2014). PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI PARA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Hadiyati, Fatkhurahman, & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11.

Ilfiandra, Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru sd. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81.

Kurniadi, F. (2017). PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA DENGAN MEDIA APLIKASI PENGOLAH KATA. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277.

Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU. Jurnal Puruhita, 1(1).

Ningsih, S. C., & Aviory, K. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116.

Noorjannah, L. (2014). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU PROFESIONAL DI SMA NEGERI 1 KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

Novitasari, N. F. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah : Menuju Guru Berkualitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 255–266. https://doi.org/10.30653/002.201943.152

Selasih, N. N. (2017). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 04(02), 13–22.

Suwanto, S. A. (2015). ANALISIS LITERASI INFORMASI PEMAKAI TAMAN BACAAN MASYARAKAT. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 89–100.

Usra, M., Hartati, & Destriani. (2018). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS. Seminar Nasional Pendidikan “Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Era Disrupsi” Kerjasama PGSD - POR UMS, 15, 4–5.

Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). OPTIMALISASI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA GURU SD NEGERI JETIS 2 YOGYAKARTA. Abdimas Dewantara, 1(1), 77–86.

Wening, S., Ratnaningsih, N., & Handayani, T. H. W. (2009). WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SMK. Inotek, 13(2), 171–181


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jumardi joyorejo

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .