Belajar Sambil Bermain : Bermain Sambil Belajar (Penggunaan Media Fun Thinkers Bagi Anak Usia Sekolah TK, SD dan SMP) di Bontomarannu Kabupaten Gowa)

St Junaeda(1*), Ernawati S.K(2), Heri Tahir(3), Rohmah Rifani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.30865

Abstract


Salah satu keluhan yang sering didengarkan dari orang tua yang memiliki anak usia Sekolah Dasar adalah bahwa anak-anak mereka sangat susah diajak fokus ketika belajar atau susah menyuruh anak belajar. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Sebagian anak melakukan aktifitas belajar belum karena kesadaran untuk mau belajar. Mereka belajar biasanya karena terpaksa, disuruh orangtua, atau ada PR dari sekolah yang harus segera diselesaikan. Faktor bagaiamana orangtua dirumah menciptakan kultur belajar tentu menjadi salah satu faktor yang juga penting. Bahwa anak yang terbiasa dengan suasana belajar dirumahnya atau seringkali melihat orangtua atau saudaranya belajar kemungkinan akan menciptakan kultur belajar yang baik pada anak, demikian sebaliknya. Pada konteks inilah ditawarkan konsep belajar yang menyenangkan buat anak. Anak merasa bahwa mereka tidak sedang belajar tetapi hanya sedang melakukan aktifitas bermain yang menyenangkan. Belajar dengan menggunakan media fun thinkers ini dicoba diterapkan pada anak usia sekolah dasar di Bumi Batara Mawang Kecamatan Bontomarannu Gowa. Metode yang digunakan ada dua tahap, pertama mengajak mereka belajar dengan cara konvensional dan tahap kedua di hari yang berbeda mengajak mereka bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain. Anak yang dilibatkan pada kegiatan ini ada 17 orang yang terdiri dari siswa Taman Kanak-Kanak (TK) siswa Sekolah Dasar (SD) dan siswa SMP.

Abstract.

One of the complaints that parents often hear from elementary school-age children is that it is very difficult for their children to focus when studying or to get their children to study. Of course there are many factors that influence this. Some children carry out learning activities not yet because of the awareness to want to learn. They usually study because they have to, because they are told by their parents, or they have homework from school that must be completed immediately. The factor of how parents at home create a learning culture is certainly one factor that is also important. That children who are used to the learning atmosphere at home or often see their parents or siblings studying are likely to create a good learning culture for children, and vice versa. It is in this context that a fun learning concept is offered for children. Children feel that they are not learning but only doing fun playing activities. Learning by using fun thinkers media was tried to be applied to elementary school-age children in Bumi Batara Mawang, Bontomarannu Gowa District. There are two stages of the method used, first inviting them to learn in a conventional way and the second stage on different days inviting them to play while learning or learning while playing. There were 17 children involved in this activity consisting of Kindergarten (TK) students, Elementary School (SD) students and Middle School students.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Gowa tahun

Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009.

Elizabeth Brestan Knight, Ember L. Lee

(auth.), William Buskist, Douglas A.

Bernstein(eds.). A Guide to Teaching

Developmental Psychology, Lee United

Kingdom: John Wiley & Sons Ltd, West

Sussex, United Kingdom, 2008

Conny, R. Semiawan., Belajar dan

Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini,

Jakata: Prehalindo, 2002.

Anonim., Fun Thinkers, Grolier Publisher.

Mariana Putri Manurung, Dorlince

Simatupang. Meningkatkan Konsentrasi

Anak Usia 5-6 Tahun Melalui

Penggunaan Metode Bercerita di TK ST

Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini

Volume 5 Nomor 1 Juni 2019. E-ISSN:

-7239. P-ISSN: 2301-914X

Abdul Alim. Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada

Anak Usia Dini. Jurnal Medikora

Volume V Nomor 1, Apri 2009.

Mutia Rahma Setyani, Ismah. Analisis Tingkat

Konsetrasi Belajar Siswa Dalam Proses

Pembelajaran Matimatika Ditinjau Dari

Hasil Belajar. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Matimatika 2018

Volume 01 Oktober 2018. P-ISSN:

-8898. E-ISSN: 2477-4812


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 37 times

Refbacks



Copyright (c) 2022

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .