Iptek bagi Masyarakat Pinggiran Memupuk Solidaritas Sosial pada Masyarakat Pinggiran Pegunungan

Ashari Ismail(1*), Idham Irwansyah(2), Firdaus W Suaeb(3), Mauliadi Ramli(4),

(1) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makas
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.27373

Abstract


Solidaritas sosial sangat dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat. Tanpa solidaritas maka hubungan sosial akan mengalami stagnasi, segregasi dan perpecahan dalam masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada masyarakat Tani Pegunungan Tandara, Kaili, Luwu, dengan berangkat pada pemahaman harapan akan konstruksi masyarakat yang jauh dari disharmoni, saling belas kasih dan berbagi dalam melangsungkan hidup.. Metode bimbingan dilakukan dengan ceramah dan partisipasi aktif dengan mencontohkan urgensi solidaritas. . Urgensi solidaritas social pada komunitas sasaran memajukan serta mengembangkan persatuan dan kebersamaan masyarakat seiring terjadinya perubahan sosial yang demikian massif pada masyarakat pinggiran sasaran pengabdian.

 

Abstract.

Social solidarity is needed in social life. Without solidarity, social relations will experience stagnation, segregation and division in society. This activity was carried out in the Tandara Mountains community, Kaili, Luwu, by departing from an understanding of hope for the construction of a society that is far from disharmony, mutual compassion and sharing in sustaining life. The guidance method is carried out with lectures and active participation by exemplifying the urgency of solidarity. . The urgency of social solidarity in the target community is to promote and develop community unity and togetherness in line with massive social changes in the community on the outskirts of the service target


Keywords


Learning, writing, follow the line method

Full Text:

PDF

References


As-Syaibany, O. M. A.-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang.

Asmani, J. M. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Diva press.

Atep, S., Rahendra, M., & Unang, W. (n.d.). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran Desa Sukajaya Kabupaten Bogor. 1, 225–235.

Busro, B. (2020). Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab di Kalangan Pelajar SMA / SMK Umum di Kota Bandung. 4, 259–274. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1770

Dayudin, D., & Arifin, B. S. (2020). Model Pembelajaran Mapan dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 37–55. https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7500

Hendra Sofyan, N. (2019). Strategi Pembelajaran Al-Qur‟an Di Ma‟had AlJami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.

Herlina, M. N., Fatimah, A., & Fahmi. (2018). Peningkatan mengenal huruf hijaiyah melalui media kartu huruf. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan anak usia dini (JPPPAUD FKIP UNTIRTA), VOL. 5 NO., 15–26.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.

Intan, N. (2018). Membangun Karakter Lewat Menulis Alquran. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/02/16/p48mer396-membangun-karakter-lewat-menulis-alquran

Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta.

Ismail, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Scaffolding Pada Siswa Kelas V Mi Terpadu Ad-Dimyati Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 148–156. https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4210

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari, 8(2), 82–98.

Mas’ad, A. (2019). Follow The Line Tingkatkan Keterampilan Tulis Al-Qur’an. Jatengpos.Co.Id. https://jatengpos.co.id/follow-the-line-tingkatkan-keterampilan-tulis-al-quran/

Maujud, F. (n.d.). Pembinaan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. El-Tsaqâfah, Volume XVI, 23–32.

Nata, A. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Sriyadi , Haryanto, H. (2019). Meningkatkan Psikomotorik Anak Berbasis Animasi Huruf Hijaiyah Dengan Metode Follow The Line. PARADIGMA, XXI(1), 132. https://doi.org/10.31294/p.v20i2


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 irman SUMANTRI IRMAN SUMANTRI

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .