Pengembangan Aplikasi Reklame dan Videotron di Kota Makassar Berbasis Android

Imam Alhabsi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.24193

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat lunak (software development) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi reklame dan videotron di kota Makassar berbasis android dan menguji kualitas aplikasi tersebut berdasarkan standar kualitas ISO 25010. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prototype dengan tahapan: pengumpulan kebutuhan, perancangan cepat, evaluasi prototype oleh pengguna, perancangan skala besar, pengujian, dan implementasi sistem. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan angket. Instrumen divalidasi oleh dua orang ahli instrument, sistem divalidasi oleh dua orang ahli sistem, dan konten divalidasi oleh dua orang ahli konten. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pengusaha atau promotor dalam mencari informasi titik letak reklame dan videotron yang ada di kota Makassar. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan standar kualitas ISO 25010, aplikasi reklame dan videotron telah memenuhi standar dimana: a) pengujian aspek functionality suitability menggunakan metode black box testing bernilai 1 dengan kategori sangat layak dan telah memenuhi aspek functionality; b) pengujian aspek compatibility menggunakan co-existence dan terbebas dari kesalahan serta telah memenuhi aspek compability; c) pengujian aspek performance efficiency pada beberapa jenis smartphone dan versi Android yang berbeda dapat berjalan dengan baik tanpa kendala; d) pengujian aspek usability angket terhadap  25 orang responden dengan rata-rata 88,87% memberi penilaian sangat baik dan  pengujian aspek usability angket terhadap 2 orang admin dengan rata-rata 91,33% memberi penilaian sangat baik artinya aplikasi ini sangat layak digunakan bagi pengguna.

Abstract

This research is a software development research that aims to produce an android-based billboard and videotron application in Makassar city and test the quality of the application based on the ISO 25010 quality standard. This study uses a prototype development model with the following stages: gathering requirements, quick design , evaluation of prototypes by users, large-scale design, testing, and system implementation. Data were collected using documentation, interviews and questionnaires. The instrument was validated by two instrument experts, the system was validated by two system experts, and the content was validated by two content experts. Data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques. Based on the results of the study, an application was produced that could be used to assist entrepreneurs or promoters in finding information on the location of advertisements and videotrons in the city of Makassar. Based on the test results using the ISO 25010 quality standard, the billboard and videotron application has met the standards where: a) testing the functionality suitability aspect using the black box testing method is worth 1 with a very feasible category and has fulfilled the functionality aspect; b) testing the compatibility aspect using co-existence and is free from errors and has met the compatibility aspect; c) testing aspects of performance efficiency on several types of smartphones and different versions of Android can run well without any problems; d) testing the usability aspect of the questionnaire on 25 respondents with an average of 88.87% giving a very good assessment and testing the usability aspect of the questionnaire on 2 admins with an average of 91.33% giving a very good rating meaning this application is very suitable for use for user.


Keywords


Developt; Billboards Application; Android; ISO 25010;

Full Text:

PDF

References


Acharya, A., & Sinha, D. (2013). Assessing the Quality of M-Learning Systems Using ISO/IEC 25010. International Journal of Advance Computer Research, 3(3), 72-74.

Adam, R., & Noprisson, H. (2019) Analisa dan Perancangan Aplikasi Pemesanan Reklame Berbasis Android pada PT. Soca Panorama Kreasi, Vol. 1, No. 3, pp. 101–109.

Andra, S. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Luar Ruang Dalam Mempromosikan Pariwisata Kota Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 160-

Bungin, Burhan. 2013. Sosioligi Komunikasi: Teori, Pradigma, Diskursus Teknologi Komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dewi, R. (2018). Informasi Layanan Masyarakat pada Videotron di Kota Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nazaruddin, Safaat H. (2018). Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Berbasis Android. Informatika. Bandung


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Imam Alhabsi

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .