Penerapan Metode Pembelajaran Peer Lesson di Masa Pandemi Covid 19 Berbasis Lesson Study Pada Mata Kuliah Perlindungan Tanaman

deden deden(1*),

(1) Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i2.23236

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan manusia di bumi terganggu, tanpa kecuali dunia pendidikan. Akibat pembelajaran online, salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di masa pandemi ini adalah masalah lemahnya minat mahasiswa dan kesulitan pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat dan keaktifan Mahasiswa dalam proses pembelajaran, Dosen harus cermat untuk memilih strategi pembelajaran agar hasil belajar Mahasiswa meningkat. Salah satu metode pembelajaran lesson study yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa salah satunya adalah metode peer lesson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar dan mendeskripsikan aktifitas Mahasiswa Matakuliah Perlindngan Tanaman yang diajar menggunakan metode peer lesson pada yang perkuliahanya dilakukan secara daring. Metode penelitian ini menggunakan jenis Quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode Peer Lesson sangat efektif untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar mahasiswa pada matakuliah perlindungan tanaman, mahasiswa lebih aktif untuk saling memberikan wawasan satu sama lain tentang materi perkuliahan yang sedang dikaji, sehingga para mahasiswa lebih mudah untuk memahami materi yang sedang dibahas. Secara kuantitas, nilai maksimun dan minimum hasil pembelajaran metode Peer Lesson lebih tinggi bila dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai belajar kelas eksperimen metode pembelajaran Peer Lesson mencapai skor maksimum 93 dan pada kelas kontrol nilai maksimum 86. Nilai minimum pada kelas eksperimen Peer Lesson skor 67 dan pada kelas kontrol skor nilai minimum 60. Hasil analisis keofisien variasi, pada kelas eksperimen Peer Lesson lebih kecil dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 14,54 % dan pada kelas kontrol sebesar 23,87 %. Hasil belajar mahasiswa pada kelas eksperimen memiliki penyebaran yang lebih merata dibandingkan dengan kelas kontrol.

 

Abstract: The Covid-19 pandemic is a tragedy that has grieved the entire population of the earth. All segments of human life on earth are disrupted, without the exception of the world of education. As a result of online learning, one of the problems faced by the world of education during this pandemic is the problem of weak student interest and difficulty understanding material in the learning process. To increase the interest and activity of students in the learning process, lecturers must be careful in choosing learning strategies so that student learning outcomes increase. One of the lesson study methods that can be used to increase student activity is the peer lesson method. This study aims to describe the learning outcomes and describe the activities of Plant Protection Course Students who are taught using the peer lesson method in those whose lectures are conducted online. This research method uses a quasi-experimental type. The results showed that learning with the Peer Lesson method was very effective in increasing student achievement and interest in learning in plant protection courses, students were more active in providing insight to each other about the lecture material being studied, so that it was easier for students to understand the material being studied. discussed. In terms of quantity, the maximum and minimum values of the Peer Lesson learning outcomes were higher than the control class. The results of the learning scores of the experimental class Peer Lesson learning method reach a maximum score of 93 and the maximum score of 86 in the control class. The minimum score in the Peer Lesson experimental class scores 67 and the control class scores a minimum score of 60. The results of the coefficient of variation analysis, the Peer Lesson experimental class is more smaller than the control class which is 14.54% and the control class is 23.87%. Student learning outcomes in the experimental class have a more even distribution than the control class.


Keywords


Lesson Study, Peer Lesson dan Matakuliah Perlindungan Tanaman

Full Text:

PDF

References


Aji, R.H.S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Alifah S. 2010. Penerapan Strategi Peer Lesson Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Konsep IPA pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dorang 01 Kabupaten Jepara. Skripsi: UPT Perpustakaan UNNES.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Fikriyah VL. 2013. Efektifitas Strategi Peer Lesson dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Lab UIN Yogyakarta. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fraenkel, Jack and Norman S. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Joubert, 2020. Lesson study in a blended approach to support isolated teachers in teaching with technology.

Mulasiwi CM. 2013. Jurnal Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Strategi Peer Lesson dengan Media Ular Tangga. Jurnal Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret

Mulyasa E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Noor J. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Priyono. 2010. Upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi peer lesson pada siswa kelas IV SDN Nglahar Kecematan Moyudan Kabupaten Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sani A., Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Silberman, Mel. 2007. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Stigler, Hiebert . 2017. Lesson study, improvement, and the importing of cultural routines.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

White, Lim 2008. Lesson study in Asia Pacific classrooms: local responses to a global movement.

Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 deden deden

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .