Peningkatan Kompetensi Pedagogik Tentang Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru SMP Negeri 2 Majene

Firman Umar(1*), Muhammad Akbal(2), Mustaring Mustaring(3), Muhammad Amin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Unuiversitas Negeri Makassar
(4) Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.22649

Abstract


Mitra program pengabdian ini adalah Guru SMP Negeri 2 Majene. Masalah yang dihadapi mitra pengabdian masyarakat (PKM) ini adalah (1) pemahaman mitra tentang model pembelajaran berbasis proyek masih perlu dtingkatkan, (2) keterampilan mitra menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran berbasis proyek masih perlu ditingkatkan. Sasaran dalam kegiatan PKM adalah (1) meningkatkan pemahaman guru tentang konsep model pembelajaran berbasis proyek dan (2) meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, curah pendapat, simulasi dan penugasan. Hasil yang dicapai: mitra mampu meningkatkan pemahamannya tentang konsep model pembelajaran berbasis proyek dan mitra memiliki keterampilan dalam menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran berbasis proyek.

Abstract. The partner of this service program is the Teacher of SMP Negeri 2 Majene. The problems faced by these community service partners (PKM) are (1) the partner's understanding of the project-based learning model still needs to be improved, (2) the partner's skills in implementing and evaluating project-based learning still need to be improved. The targets in PKM activities are (1) increasing teachers' understanding of the concept of project-based learning models and (2) improving teachers' skills in implementing and evaluating project-based learning. The methods used are lectures, discussions, brainstorming, simulations and assignments. Results achieved: partners are able to improve their understanding of the concept of project-based learning models and partners have skills in implementing and evaluating project-based learning


Keywords


learning administration, Islamic religious education

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif. Jakarta: Kencana.

Bell, Stephanie. 2010. “Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.” The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas 83(2):39–43. doi: 10.1080/00098650903505415.

Blumenfeld, Phyllis C., Elliot Soloway, Ronald W. Marx, Joseph S. Krajcik, Mark Guzdial, and Annemarie Palincsar. 1991. “Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning.” Educational Psychologist 26(3–4):369–98. doi: 10.1080/00461520.1991.9653139.

Daryanto, and Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Grava Media.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Erwin, Widiasworo. 2017. Strategi Dan Metode Mengajar Siswa DiLuar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kaldi, Stavroula, Diamanto Filippatou, and Christos Govaris. 2011. “Project-Based Learning in Primary Schools: Effects on Pupils’ Learning and Attitudes.” Education 3-13 39(1):35–47. doi: 10.1080/03004270903179538.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. “Model Pengembagan Berbasis Proyek (Project Based Learning).”

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Model Pembelajaran Project Based Learning. Jakarta.

Kokotsaki, Dimitra, Victoria Menzies, and Andy Wiggins. 2016. “Project-Based Learning: A Review of the Literature.” Improving Schools 19(3):267–77. doi: 10.1177/1365480216659733.

Salyers, V., Carter, L., Barrett, P., & Williams, L. 2010. “Evaluating Student and Faculty Satisfaction with a Pedagogical Framework.” The Journal of Distance Education/ Revue de l’Éducation à Distance 24(3).


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: [email protected]


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .