Knowledge Transfer Inovasi Desain Produk UMKM Handycraft Kecamatan Weru dan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Anna Suzana(1*), Adi Setiawan(2),

(1) Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.19329

Abstract


 

Produk handycraft merupakan produk yang memerlukan ketelatenan, kerapihan  dengan  Produk handycraft merupakan produk yang memerlukan ketelatenan, kerapihan  dengan   pemanfaatan tekhnologi sederhana dibanding produk fashion sejenis yang diproduksi pabrikan ketersediaan sumber daya manusia berbagai kompetensi, tenaga ahli desain, manajerial yang tersusun, peralatan, ketersediaan bahan baku, modal, serta badan hukum yang lebih komplit. Salahsatu hal penting yang menyulitkan UMKM handycraft ini mendapatkan ide ide baru atau desain baru yang memiliki keunikan tersendiri , kekuatan handycraft adalah kemampuan desain sehingga bisa menjadi trendsetter atas produk lainnya atau memiliki trademark tersendiri.   pemanfaatan tekhnologi sederhana dibanding produk fashion sejenis yang diproduksi pabrikan ketersediaan sumber daya manusia berbagai kompetensi, tenaga ahli desain, manajerial yang tersusun, peralatan, ketersediaan bahan baku, modal, serta badan hukum yang lebih komplit. Salahsatu hal penting yang menyulitkan UMKM handycraft ini mendapatkan ide ide baru atau desain baru yang memiliki keunikan tersendiri ,kekuatan handycraft adalah kemampuan desain sehingga bisa menjadi trendsetter atas produk lainnya 


Abstract

Handycraft products are products that require diligence, tidiness with handicraft products are products that require diligence, tidiness with the use of simple technology compared to similar fashion products produced by manufacturers, the availability of human resources with various competencies, design experts, structured managerial, equipment, availability of raw materials , capital, and a more complete legal entity. One of the important things that makes it difficult for handicraft MSMEs to get new ideas or new designs that have their own uniqueness, the strength of handicrafts is the ability to design so that they can become a trendsetter for other products or have their own trademark. the use of simple technology compared to similar fashion products produced by manufacturers, the availability of human resources with various competencies, design experts, managerial arrangements, equipment, availability of raw materials, capital, and more complete legal entities. One of the important things that makes it difficult for handicraft MSMEs to get new ideas or new designs that have their own uniqueness, the strength of handicrafts is the ability to design so that they can become a trendsetter for other products.

 

Keyword: UKM, Knowledge Transfer, Desain, Inovasi  


Keywords


UKM, Knowledge Transfer, Desain, Inovasi

Full Text:

PDF

References


De Long, D.W. (2000). Diagnosing Cultural Barriers to Knowledge Management. Academy of Management Executive, 14 (4), 113-27.

Kartono dkk (2019) Inovasi Gerabah Sitiwinangun dari dulu hingga sekarang,Media Edukasi Indonesia,Tangerang

Linda Ariany Mahastanti dkk 2013 model transfer knowledge usaha kecil menengah dalam menciptakan inovasi produk (studi kasus usaha kerupuk kabupaten tuntang semarang) Vol 3, No 1 (2013)

http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/211

Richard Florida (2003) Cities and the Creative Class First published: 22 January 2003

https://doi.org/10.1111/1540-6040.00034

Rozanda Nesdidkk(2017) https://www.researchgate.net/publication/322924783_Penerapan_Knowledge_ Transfer_Pada_Elearning

Suryana (2013),ekonomi kreatif,Ekonomi baru Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,Salemba Empat,Jakarta

Sumber: Klasifikasi UKM dan UMKM di Indonesia Smartlegal.id - 13 Feb 2019|SLN

https://smartlegal.id/smarticle/2019/02/13/klasifikasi-ukm-dan-umkm-di- indonesia/

Kriteria UMKM https://pendidikan.co.id/pengertian-umkm/

Wikipediahttp://en.wikiped.ia.org/wiki/innovtion#multidimensional_views,13/7/2012:2),

Peraturan pemerintah :

Undang-undang republik indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha mikro, kecil, dan menengah


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anna Suzana, Adi Setiawan

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .