Knowledge Transfer Inovasi Desain Produk UMKM Handycraft Kecamatan Weru dan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon
(1) Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.19329
Abstract
Produk handycraft merupakan produk yang memerlukan ketelatenan, kerapihan dengan Produk handycraft merupakan produk yang memerlukan ketelatenan, kerapihan dengan pemanfaatan tekhnologi sederhana dibanding produk fashion sejenis yang diproduksi pabrikan ketersediaan sumber daya manusia berbagai kompetensi, tenaga ahli desain, manajerial yang tersusun, peralatan, ketersediaan bahan baku, modal, serta badan hukum yang lebih komplit. Salahsatu hal penting yang menyulitkan UMKM handycraft ini mendapatkan ide ide baru atau desain baru yang memiliki keunikan tersendiri , kekuatan handycraft adalah kemampuan desain sehingga bisa menjadi trendsetter atas produk lainnya atau memiliki trademark tersendiri. pemanfaatan tekhnologi sederhana dibanding produk fashion sejenis yang diproduksi pabrikan ketersediaan sumber daya manusia berbagai kompetensi, tenaga ahli desain, manajerial yang tersusun, peralatan, ketersediaan bahan baku, modal, serta badan hukum yang lebih komplit. Salahsatu hal penting yang menyulitkan UMKM handycraft ini mendapatkan ide ide baru atau desain baru yang memiliki keunikan tersendiri ,kekuatan handycraft adalah kemampuan desain sehingga bisa menjadi trendsetter atas produk lainnya
Abstract
Handycraft products are products that require diligence, tidiness with handicraft products are products that require diligence, tidiness with the use of simple technology compared to similar fashion products produced by manufacturers, the availability of human resources with various competencies, design experts, structured managerial, equipment, availability of raw materials , capital, and a more complete legal entity. One of the important things that makes it difficult for handicraft MSMEs to get new ideas or new designs that have their own uniqueness, the strength of handicrafts is the ability to design so that they can become a trendsetter for other products or have their own trademark. the use of simple technology compared to similar fashion products produced by manufacturers, the availability of human resources with various competencies, design experts, managerial arrangements, equipment, availability of raw materials, capital, and more complete legal entities. One of the important things that makes it difficult for handicraft MSMEs to get new ideas or new designs that have their own uniqueness, the strength of handicrafts is the ability to design so that they can become a trendsetter for other products.
Keyword: UKM, Knowledge Transfer, Desain, Inovasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
De Long, D.W. (2000). Diagnosing Cultural Barriers to Knowledge Management. Academy of Management Executive, 14 (4), 113-27.
Kartono dkk (2019) Inovasi Gerabah Sitiwinangun dari dulu hingga sekarang,Media Edukasi Indonesia,Tangerang
Linda Ariany Mahastanti dkk 2013 model transfer knowledge usaha kecil menengah dalam menciptakan inovasi produk (studi kasus usaha kerupuk kabupaten tuntang semarang) Vol 3, No 1 (2013)
http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/211
Richard Florida (2003) Cities and the Creative Class First published: 22 January 2003
https://doi.org/10.1111/1540-6040.00034
Rozanda Nesdidkk(2017) https://www.researchgate.net/publication/322924783_Penerapan_Knowledge_ Transfer_Pada_Elearning
Suryana (2013),ekonomi kreatif,Ekonomi baru Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,Salemba Empat,Jakarta
Sumber: Klasifikasi UKM dan UMKM di Indonesia Smartlegal.id - 13 Feb 2019|SLN
https://smartlegal.id/smarticle/2019/02/13/klasifikasi-ukm-dan-umkm-di- indonesia/
Kriteria UMKM https://pendidikan.co.id/pengertian-umkm/
Wikipediahttp://en.wikiped.ia.org/wiki/innovtion#multidimensional_views,13/7/2012:2),
Peraturan pemerintah :
Undang-undang republik indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha mikro, kecil, dan menengah
Article Metrics
Abstract view : 171 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Anna Suzana, Adi Setiawan
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
DITERBITKAN OLEH:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Telepon 082395232077
E mail: humanis01jurnal19@gmail.com
DIINDEKSIKAN OLEH
DILISENSI OLEH:
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .