Pemanfaatan Sistem Kelola Pembelajaran (Sikola) Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) bagi Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Masa Pandemi

Musrayani Usman(1*), Mario Mario(2), Hasbi Hasbi(3), Rahmat Muhammad(4), Arsyad Genda(5),

(1) Universitas Hasanuddin
(2) Fakultas Ilmu Sosial
(3) Universitas Hasanuddin
(4) Universitas Hasanuddin
(5) Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v19i2.14998

Abstract


Terjadinya penyebaran covid 19 secara global berdampak pada semua aspek kehidupan tanpa terkecuali pada aspek pendidikan. Dengan keadaan seperti ini maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran secara daring. Oleh sebab itu melalui program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan menerapkan pembelajaran daring (on line) dengan membangun sebuah portal e-learning untuk membantu proses pembekjaran. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan mulai dari pengenalan terhadap aplikasi system kelola pembelajaran, kemudian bagaimana menggunakan aplikasi tersebut dengan penggunakan aplikasi sistem kelola pembelajaran dengan berbagai fitur-fitur untuk memudahkan bagi dosen dan mahasiswa untuk menyampaikan dan menerima materi. Target kegiatan ini adalah Dosen dan mahasiswa sosiologi Unhas dan luaran kegiatan penggunaan pembelajaran daring untuk meningkatan proses pembelajaran

Keywords


Sistem Kelola Pembelajaran; Covid 19

Full Text:

PDF

References


ABSYARA: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN, SAINS, DAN TEKNOLOGI Vol. 1 No. 1, Juli 2020, Hal. 16-21 e-ISSN: 2723-6269 ABSHARA: Vol. 1 No. 1 Juli 2020 I16 Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19 Lalu Muhammad Fauzi 1*, Sri Supiyati 2 , Ahmad Rasidi 3

Asyhar, K. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Penerbit : Referensi

Buabeng, A. C. (2012). Factors Influencing Teachers Adoption and Integration of Information and Communication Technology into Teaching: A Review of [ 149 ] Faishol Hadi, dkk / To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3; Nol. 2.; Agustus, 2020 ©To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat. This is an open access article under the CC BY-SA 4.0 license (https: //creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). the Literature. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), (8)1, 136-155

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan e-learning quipper school oleh guru dan siswa untuk optimalisasi pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(2), 153- 160. doi: 10.22146/jpkm.27404. Eliana, E. D. S., Senam, S., Wilujeng, I., & Jumadi, J. (2016). The effectiveness of projectbased e-learning to improve ict literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 51-55.

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2019, Vol. 4 No. 1, Page: 105-110 Open Access | Url: http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/65, Peningkatan Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Kuliah Online Bagi Dosen Febri Liantoni1 , Rachman Arief2 , Nanang Fakhrur Rozi3 , Anwar Sodik4

Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, Vol. 2, No. 2, Desember 2017, P-ISSN : 2503-1031, E-ISSN: 2503-1112 96 PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ON LINE) BAGI GURU DAN SISWA DI SMK NU ROGOJAMPI

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), 3, 1–116.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sari, S. D. P. (2016). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. In N. Suryani (Ed.), Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Paper presented at Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 28 November 2015 (pp. 115-123). Surakarta: UNS.

To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat Bulan-Tahun, Vol. 3, No. 2, hal. 142-149 ISSN(P): 2622-6332; ISSN(E): 2622-6340 http://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega ©To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat. This is an open access article under the CC BY-SA 4.0 license (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik Faishol Hadi 1,a,* , Ahmad Syafi’i 2,b, dan Yiyin Isgandi 3


Article Metrics

Abstract view : 617 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Musrayani Usman, Mario Mario, Hasbi Hasbi, Rahmat Muhammad, Arsyad Genda

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .