Peningkatan Pemahaman Peran dan Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Nasional Bung Karno Dan Hatta Sebagai Proklamator Bagi Guru Sejarah Sma Se-Kabupaten Polewali Mandar

Amirullah Amirullah(1*), Saleh Madjid(2), Ahmadin Ahmadin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Sejarah
(3) Pendidikan Sejarah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v19i1.13032

Abstract


Luaran yang dihasilkan melalui program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru mata pelajaran Sejarah SMA di Kabupaten Polewali Mandar dapat meningkatan penguasaan kompetensi dasar tentang Peningkatan Pemahaman Peran Dan Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Nasional Bung Karno Dan Hatta Sebagai Proklamator Bagi Guru Sejarah Sma Se-Kabupaten Polewali Mandar.

Salah satu prinsip pengembangan profesi guru adalah kemandirian, dimana setiap guru secara terus menerus diberdayakan untuk mampu meningkatkan kompetensinya secara berkesinambungan, sehingga memiliki kemandirian profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsi profesinya.

Kompetensi inti pada PKM ini untuk ditingkatkan adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional guru , antara lain  kemampuan menguasai bidang ilmu, sumber bahan ajaran, baik dari segi substansi dan metodologi bidang ilmu (diciplinary content knowledge), dan pengemasan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum (pedagigical content knowledge).

Keywords


Peningkatan Pemahaman Peran dan Nilai-Nilai Perjuangan

Full Text:

PDF

References


H. Abd. Kadim Masaong, 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas guru, Alfabeta, Bandung.

Irwansyah, I., Mario, M., & Tamrin, S. (2019). Pelatihan Literasi Digital pada Komunitas Mata Literasi bagi Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Gowa. Humanis, 18 (1), 6-10.

H. Isjoni, 2006. Grukah yang disalahkan? Menakar Posisi guru Di Tengah Dunia Pendidikan Kita, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2011. Pedoman Rintisan Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi.

Masnur Muslich, 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Moh. Uzer Usman, 2001. Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Najamuddin, N., & Bustan, B. (2019). Peningkatan Penguasaan Kompetensi Dasar Tentang Menganalisis Dampak Politik, Budaya, Sosial, Dan Pendidikan Pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) Dalam Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Masa Kinibagi Guru Sejarah Sma Se-Kab Sulawesi Barat. Humanis, 18(1), 1-5.

Soetjipto dan Raflis Kosasi, 1999. Profesi Keguruan, Rineka Cipta, Jakarta.

Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189-194.

Sudarwan Danim, 2011. Pengenbangan Profesi Guru, dari Prajabatan, Induksi, ke Profesional Madani, Predana Media Group, Jakarta.

Sudarwan Danim dan H. Khairil, 2013. Profesi Kependidikan, Alfabeta, Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.24 Tahun 2016 tentang Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru


Article Metrics

Abstract view : 9959 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amirullah Amirullah, Saleh Madjid, Ahmadin Ahmadin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .