Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Kompetensi Membuat Media Pembelajaran IPS

Jumardi Jumardi(1*), Andi Andi(2),

(1) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v19i1.11941

Abstract


Pembelajaran akan lebih bermakna jika materi yang disampaikan oleh guru mampu membawa kesenangan tersendiri bagi peserta didik. Kesenangan dalam menerima materi bagi siswa sangat beragam, salah satunya adalah penggunaan permainan monopoli. Pelatihan pembuatan media pembelajaran monopoli ini akan membantu guru dalam membuat siswa tertarik akan materi pembelajaran yang diberikan. Metode pelaksanaan adalah dengan metode pelatihan. Guru-guru dibimbing untuk membuat media pembelajaran monopoli. Pelaksanaan pelatihan di fokuskan pada guru SD Negeri Pasar Baru 5 Pagi. Hasil yang dicapai, guru-guru mampu menghadirkan media pembelajaran menarik dengan menggunakan media pembelajaran monopoli dan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan mata pelajaran yang ada dilingkungan sekolah.


Keywords


Profesionalisme Guru, Media Pembelajaran IPS, Sekolahh Dasar

Full Text:

PDF

References


Handayani, S. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Jurnal). Universitas Jember. Jember, 15.

Karmizan, K. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran dengan Lesson Study di Kelas SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti. Jurnal Pajar, 2(4), 608–618.

Khairunnisa, S., Hakam, A., & Amaliyah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 60–69.

Mangkunegara, A. A., & Prabu, A. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2).

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).

Siswono, E., & Djulaiqha, N. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru IPS (Studi Kasus di MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat). Edukasi IPS, 1(1), 1–11.

Suprapto, A. N. (2013). Permainan Monopoli Sebagai Media untuk Meningkatkan minat Belajar Tata Boga Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jumardi Jumardi, Andi Andi

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .