Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SMK Negeri 1 Sinjai

Muhammad Akbar Nasiruddin(1*), Haryani Idris(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sinjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y’=57,680+0,399X yang berarti tiap penambahaan 1 nilai konsentrasi belajar, maka nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar bertambah 0,399. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 34% yang berarti konsentrasi belajar memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 34% dan sisanya 66% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti konsentrasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian hipotesis “diterima”.

Full Text:

PDF

References


Bora, M. A. (2017). Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Kreatif Industri (JIK), 1(1), 55–62.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Educational Science, 02(02), 81–89.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwekerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102.

Hikmatiar, H., Suliworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Utilization Of Google Classroom-Based Learning Management System In Learning. 8(1), 78-86. Doi:10.26618/Jpf.V8i1.3019

Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang bermoral. jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27-33.

Marfuatun, Widjajanti, E., & Suwardi. (2013). THE DEVELOPMENT OF COOPERATIVE LEARNING VIA ONLINE ON LECTURE OF PHYSICAL CHEMISTRY II. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 125–133.

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Hakim, A. F., jamaludin, & Wirapraja, A. (2020). Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Medan: Yayasan Menulis Kita.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pademi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 188-197.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Santoso, E. (2010). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Mahasiswa. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Program Pasca Sarjana.

Tomo, S., & Widada, B. (n.d.). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah SINUS , 35-44.

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.

Yunus, M., & Rakib, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Insan, 19(2), 108–113.


Article Metrics

Abstract view : 822 times | PDF view : 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.