Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran digital di SMP Negeri 1 Bantaeng

Aldi A(1*), Andi Mappincara(2), Sumarlin Mus(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.55375

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran digital di SMP Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian dekkriptif kuantitatif untuk menjelaskan kondisi persepsi siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 184 siswa dengan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan media pembelajaran proyeksi tergolong dalam persepsi yang cukup baik. Persepsi penggunaan media pembelajaran fotografi berada dalam  kategori yang baik. Persepsi penggunaan media rekaman /audio berkategori yang baik dan persepsi penggunaan media audio visual juga dalam kategori yang baik. Berdasarkan hasil temuan, secara keseluruhan persepsi penggunaan media pembelajaran siswa di SMP Negeri 1 Bantaeng dalam kategori yang baik


Keywords


Perception, student, learning, media, digital.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Darwata, S. R. & Handican, R., 2023. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), pp. 372-383.

Dzaky, A., Noperman, F. & Karjiyati, V., 2022. Pengaruh Media Fotografi pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas V SDN Kota Bengkulu. Juridikdas : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(3), pp. 358-366

.

Hendrawan, G. B. & Marlina, R., 2022. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital pada Pembelajaran Matematika. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), pp. 395-404.

Iqbal, M. et al., 2022. Hubungan Persepsi Siswa dalam Penggunaan Web-Based Assesment dengan Karakter Siswa di SMP 2 Batanghari. JPE : Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), pp. 51-60.

Jamaluddin, U., Pribadi, R. A. & Zahara, G., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), pp. 710-716.

Maryati & Brataningrum, N. P., 2021. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(1), pp. 31-41.

Nurdiansyah, 2019. Media Pembelajaran Inovatif. I ed. Surabaya: Umsida Press.

Rohman, N. & Safitri, D. N., 2018. Efektivitas Pembelajaran Berbasis LCD Projektor dengan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), pp. 79-88.

Suryana, B., Mujahidin & Supraha, W., 2019. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media LCD dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), pp. 263-276.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aldi A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0