Persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran digital di SMP Negeri 1 Bantaeng
(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.55375
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran digital di SMP Negeri 1 Bantaeng. Penelitian ini merupakan penelitian dekkriptif kuantitatif untuk menjelaskan kondisi persepsi siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 184 siswa dengan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi penggunaan media pembelajaran proyeksi tergolong dalam persepsi yang cukup baik. Persepsi penggunaan media pembelajaran fotografi berada dalam kategori yang baik. Persepsi penggunaan media rekaman /audio berkategori yang baik dan persepsi penggunaan media audio visual juga dalam kategori yang baik. Berdasarkan hasil temuan, secara keseluruhan persepsi penggunaan media pembelajaran siswa di SMP Negeri 1 Bantaeng dalam kategori yang baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Darwata, S. R. & Handican, R., 2023. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), pp. 372-383.
Dzaky, A., Noperman, F. & Karjiyati, V., 2022. Pengaruh Media Fotografi pada Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas V SDN Kota Bengkulu. Juridikdas : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(3), pp. 358-366
.
Hendrawan, G. B. & Marlina, R., 2022. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital pada Pembelajaran Matematika. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), pp. 395-404.
Iqbal, M. et al., 2022. Hubungan Persepsi Siswa dalam Penggunaan Web-Based Assesment dengan Karakter Siswa di SMP 2 Batanghari. JPE : Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), pp. 51-60.
Jamaluddin, U., Pribadi, R. A. & Zahara, G., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), pp. 710-716.
Maryati & Brataningrum, N. P., 2021. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(1), pp. 31-41.
Nurdiansyah, 2019. Media Pembelajaran Inovatif. I ed. Surabaya: Umsida Press.
Rohman, N. & Safitri, D. N., 2018. Efektivitas Pembelajaran Berbasis LCD Projektor dengan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), pp. 79-88.
Suryana, B., Mujahidin & Supraha, W., 2019. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media LCD dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), pp. 263-276.
Article Metrics
Abstract view : 27 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aldi A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0