Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Di UPT SDN 2 Kalosi Kabupaten Enrekang

Evy Segarawati Ampry(1*), Bintarti Bintarti(2), Irmawati Thahir(3),

(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Dinas Pendidikan Kabupaten Enrekang
(3) Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.54485

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi peningkatan mutu pembelajaran di UPT SDN 2 Kalosi Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya display data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah gambaran strategi peningkatan mutu pembelajaran di UPT SDN 2 Kalosi Kabupaten Enrekang yang terdiri dari indikator peningkatan kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin yang ketat sudah berlangsung dengan baik.


Keywords


Strategi, Mutu pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ampry, Evy Segarawati.2013. Penerapan Perencanaan Strategis Dalam Penyusunan Program Pendidikan. Jurnal Eklektika. Desember 2013, Volume 1 No 2.

_________.2017.Perencanaan Pembelajaran Guru di SMA Negeri 1 Malua Kabupaten Enrekang. Jurnal Eklektika. April 2017, Volume 5 No 1.

_________. 2018 Pengaruh Pelaksanaan Metode Eksplorasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN 34 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Jurnal Eklektika. April 2018, Volume 6 No 1.

Ampry, Evy Segarawati Dkk. 2022. Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Madako Elementary School. Desember 2022, Volume 1 No 2.

Arikunto,Suharsimi. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto. 2004. Pengelolaan Pengajara. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bafadal. 2008. Manajemen Peningkatan Mutu. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Lazaruth. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Binarupa Aksara.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan StandarKompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masaong, Abd Aadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru, Bandung : Alfabeta.

Miner & Steiner.1988. Kebijakan dan Strategi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L.J. 2009. Meotodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya

Mucktar & Iskandar. 2009. Administrasi dan Strategi Pembelajaran. Ciputat: Persada Press.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Goup.

Oemar, Hamalik.2008. Proses Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Kompas.

Riyanto. 2001.Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful H. 2010. Konsep Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful H. 2011. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya,Wina.2008b. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta: Kencana Kencana Prenadamedia Group.

Sanjaya,Wina. 2009c. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, AM.2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sergiovanni, Starrat. 1979. Assemen Of MBS Education. Jakarta: Gramedia.

Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Peserta Didik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudarwan, Denim. 2002. Menjadi Peneliti Kuantitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Sudjana, 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Suryosubroto. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003.”Tentang Sistem Pendidikan Nasional”. Jakarta: Depdiknas.

Zamroni, “Model Evaluasi Pembelajaran Akidah Dan Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah (MTs),” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY, Volume 20, No 1, Juni 2016

Zuriah, Nurul.2016. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 92 times | PDF view : 10 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 Evy Segarawati Ampry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0