Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Terpadu Pada Siswa Kelas VII.10 MTS Negeri 2 Kota Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Atipa Atipa(1*),

(1) MTs 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.54454

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Terpadu Pada Siswa Kelas VII.10 Mts Negeri 2 Kota Makassar  melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII.10 Mts Negeri 2 Kota Makassar sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas VII.10 Mts Negeri 2 Kota Makassar pada akhir siklus I 62,61 dengan kategori tinggi, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 77,75 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas VII.10 Mts Negeri 2 Kota Makassar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas VII 10  Mts Negeri 2 Kota Makassar

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif, tipe Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi IPA dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Atipa Atipa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0