Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bidang Administrasi Kesiswaan

Nurfika Dwidianti(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Hasan Hasan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.54225

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja tenaga kependidikan pada bidang administrasi kesiswaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja tenaga kependidikan pada bidang administrasi kesiswaan. Pendekatan penelitian ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Makassar, sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan kepala tata usaha. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kinerja tenaga kependidikan pada bidang administrasi kesiswaan dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu kualitas kinerja yang telah maksimal, ketepatan kinerja yang sesuai, inisiatif dalam berkerja, kemampuan atau kompetensi pegawai. Pegawai administrasi kesiswaan telah melakukan tugasnya yaitu mengadministrasikan standar pengelolaan yang berkaitan dengan peserta didik. Hal yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja adanya motivasi, dukungan, dan saran yang diberikan pimpinan kepada pegawai 2) faktor pendukung kinerja administrasi kesiswaan yaitu fasilitas yang memadai, komunikasi dan motivasi langsung dari pimpinan, dan adanya saling membantu diantara sesama pegawai. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya kompetensi yang dimiliki pegawai lama terlebih dibidang IT sehingga di adakannya pegawai muda atau tenaga honorer untuk saling membantu mengerjakan tugas.

Keywords


Kinerja Administrasi Kesiswaan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2014). Pengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Siswa Mts. Al-Fattah Sugihan Solokuro Lamongan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 16–26.

Ariska, R. S. (2015). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan, 9(6).

Hapipah, R. (T.T.). Pentingnya Administrasi Kesiswaan Untuk Mencapai Tujuan Dari Sekolah.

Hasjun, D. A. (2017). Efektivitas Layanan Administrasi Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd Inprestimbuseng Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Idris, I., Badaruddin, B., & Surianto, S. (2023). Pengaruh Inisiatif Kerja, Penguasaan Teknologi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Distanakbun Kabupaten Majene. Jurnal Pelopor Manajemen Indonesia (Jpmi), 2(2), 235–248.

Ismanda, S. M., Rahmawati, Y., Kholija, R., Aini, N., & Hafiz, A. C. (2021). Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Di Sekolah Smp Karyawan Swasta Turangie. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11141–11147.

Mustanir, M., Rusmini, R., & Bawaihi, B. (2021). Manajemen Pelayanan Administrasi Kesiswaan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi.

Republik Indonesia, P., & Republik Indonesia, K. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sriwidodo, U., & Haryanto, A. B. (2010). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 47–57.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Kelima). Rajawali Pers.

Zakhiroh, R. (2017). Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 59–70


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurfika Dwidianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0