Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengelola Guru Dan Tenaga Kependidikan Di SMAS Islam Terpadu Al Biruni Mandiri Kota Makassar

Sukma Ayu(1*), Sumarlin Mus(2), Hasan Hasan(3),

(1) SMAS ISLAM TERPADU AL BIRUNI MANDIRI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.53131

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru dan tenaga kependidikan di SMAS Islam Terpadu Al Biruni Mandiri Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru dan tenaga kependidikan serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru dan tenaga kependidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Islam Terpadu Al Biruni Mandiri Kota Makassar. Sumber data penelitian ini kepala sekolah, Guru dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru dan tenaga kependidikan di SMAS Islam Terpadu Al Biruni Mandiri Kota Makassar diantaranya : 1) Perencanaan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan berdasarkan pengembangan sekolah, dilaksanakan oleh kepala sekolah di setiap awal tahun ajaran baru, dengan melalui kegiatan evaluasi dengan melihat rapor penilaian guru dan tenaga kependidikan, 2) Rekruitmen dan seleksi guru dan tenaga kependidikan sesuai tingkat kewenangan yang dimiliki oleh sekolah , dilakukan dengan memilih yang benar-benar dalam bidang yang diperlukan (profesional) dan mampu loyal serta berkomitmen dengan baik, 3) Pembinaan dan pengembangan profesional guru dan tenaga kependidikan, dalam hal ini guru dan tenaga kependidikan diberikan pelatihan, kelas bahasa inggris dan bahasa arab, kelas tahfiz serta rutin diadakan evaluasi dan supervisi, 4) Mutasi dan promosi guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki sekolah, pelaksanaan mutasi dilakukan di awal tahun ajaran dengan berkoordinasi dengan guru dan tenaga kependidikan yang bersangkutan kemudian disesuaikan dengan keahliannya, sedangkan promosi dilaksanakan di awal tahun ajaran dengan memperbaharui kontrak sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, 5) Pemberian kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan kewenangan dan kemampuan sekolah, pihak sekolah memberikan tunjangan bertahap tiap tahunnya, diluar daripada itu ada juga apresiasi dari yayasan seperti liburan ke luar kota atau luar negeri bahkan tiket umroh gratis. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pengelolaan guru dan tenaga kependidikan adalah faktor pendukung yang meliputi dukungan dari yayasan serta visi dan misi sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya guru dan tenaga kependidikan yang tidak kompeten dalam bekerja.

Keywords


Kompetensi Manajerial, Pengelolaan Guru dan Tenaga kependidikan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. 14th ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmodiwirio, Soebagio. 1993. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Balai Pustaka.

Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Danim, Sudarwan. 2003. Mejadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpinan Transformasional Dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Das, Wardah Hanafie, and ABdul Halik. 2021. KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Efendi Hariandja, Marihot Tua. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengadaan, Pengembagan, Pengkompensasian Dan Peningkatan Produktifitas Karyawan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Erianti. 2018. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Membina Profesional Guru MTs Swasta Di Kabupaten Pidie Jaya.” Jurnal Serambi PTK V(1): 106–16.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktek. 1st ed. ed. Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Rahmat. 2016. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kayawan.” Jurnal Kuningan 7(1): 83.

Hidayat, Rais et al. 2019. “Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis.” Jurnal kepemimpinan dan Pengurusan sekolah 4(1): 61–68.

Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

kompri. 2016. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. 2017. Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori Untuk Praktik Profesiona. Jakarta: Kencana.

Manullang. 2001a. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Manullang, M. 2001b. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Marwansyah. 2016. Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Minarti, Sri. 2016a. Manajemen Sekolah : Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

———. 2016b. Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moleong, Lexi J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. 38th ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah. Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: Rosadakarya.

———. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

———. 2005a. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Menyukseskan Mbs Dan Kbk. Bandung: Remaja Rosdakarya.

———. 2005b. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Menyukseskan Mbs Dan Kbk. Bandung: Remaja Rosdakarya.

———. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

“Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Badan Standar Nasional Pendidikan.” In Jakarta: Balai Pustaka.

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Poerwanto, M.Ngalim. 2002. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pohan, Muhammad Munawir. 2018. “KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DAN PEMIMPIN PENDIDIKAN.” Jurnal ANSIRU PAI 3(1): 82–91.

RI, Peraturan. 2005. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Rohimat, Mamat. 2019. “Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Prestasi Sekolah Pada SMA Negeri.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Riview 3(1): 62–70.

Rukmana, I. 2015. Pengaruh Pengawasan Melekat Oleh Kepala Tata Usaha Terhadap Kinerja Staf Administrasi Di SMP Negeri Se-Kecamatan Majalengka. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. cet. 5. Bandung: Alfabeta.

Samsilayurni. 2022. “Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Manajer Sekolah.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 2(2): 101–8.

Sapril Siregar, Muhammad. 2022. “KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN.” Curere 6(1): 104–12.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siahaan, Amiruddin. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. cetakan 1. Ciputat: Quantum Teaching Ciputat Press Group.

Soewadji, Lazaruth. 1992. Kepala Sekolah Dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D). 17th ed. Bandung: ALFABETA.

———. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep Dan Aplikasi. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsaputra, Uhar. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan ( Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju Learning School). 1st ed. ed. Nurul Alif Falah. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Supriadi, D. 1998. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

———. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. 2010: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi. 2012a. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi (Learning Organization). cetakan 3. Bandung: Alfabeta.

———. 2012b. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Widiarto, Agus. 2020. “Analisis Kebijakan Pengelolaan Guru Di Indonesia.” Jurnal Masalah-Masalah Sosial 11(1): 89–103.

Yunita, Erma. 2018. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah , Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMK Swasta Di Kota Batam.” IX(1): 35–47.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukma Ayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0