Perencanaan Strategik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan

Asry Musfhyradillah(1*), Ansar Ansar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.53072

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam tentang bagaimana perencanaan strategik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan isu yang muncul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategik kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan sudah baik. Dilihat dari visi misi, merupakan  acuan penting untuk memudahkan dan memahami dengan jelas tujuan pekerjaan guru. Dalam hal nilai, guru menenamkan nilai pada dirinya agar siswa akan mencermikan nilai yang di terapkan. Sasaran strategik, mengikutkan guru-guru untuk mengikuti pelatihan. program yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu: 1) Workshop pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bagi semua guru mata pelajaran. 2) Peningkatan Kualitas Guru Kelas, Mata Pelajaran. 3) Workshop Menulis Kreatif Guru dan Siswa. Faktor pendukung yang berupa beberapa guru muda atau junior yang mengajarkan guru senior menggunakan komputer dan alat-alat teknologi lainnya. Dan faktor penghambatnya yaitu berupa masalah fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai.

Keywords


Perencanaan Strategik Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdurrozaq, M. Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan

Islam untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Syarat-Syarat Guna Penulisan Skripsi.

Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Amirzan, A., & Ilyas, I. (2010). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah Dasar. Jurnal serambi ilmu, 11(2).

Anik, D. (2011). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Al-Shighor.

Azizah, A., Sobri, A. Y., & Arifin, I. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Banun, S., & Usman, N. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada smp negeri 2 unggul mesjid raya kabupaten aceh besar.

Emda, A. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111.

Faisal, A. K. Diajukan Untuk Memenuhi Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Fatimah, S., & Muharom, F. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMP IT Smart Cendekia Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 [Skripsi, IAIN Surakarta].

Gunawan, I. Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah?

Koestoro, B. Hubungan Pengetahuan tentang Kependidikan, Motivasi Kerja, dan Sarana Prasarana dengan Kinerja Guru dalam Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Lampung Selatan.

Madihah, H. (2016). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Al’ ulum, 56(2)

Ma’shumah, K., & Ernawati, F. (2018, August 29). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di muhammadiyah pk (program khusus) kartasura tahun ajaran 2017/2018.

Munawar, M. (2014). Perencanaan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Tombolo Pao Kabupaten Gowa.

Mulyana, A. Pengertian Kinerja Guru. Pendidikan Kewarganegaraan. Retrieved February 21, 2023, from

mysch.id. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Yaniic. Retrieved February 21, 2023

Nurjanah, S. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru MTs Sembada Karanggayam Kebumen.

Rusmadi, R. (2020). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya.

Sevenlight. Kinerja dan Kompetensi Guru. Bdkbanjarmasin.Kemenag.Go.Id. Retrieved February 21, 2023.

Shobirin, M. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Nurul Islam Karangan Brebes.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

T., R. (2012). Kualifikasi, Intensitas Diklat, Lingkungan, Motivasi Kerja, Dan Kompetensi Kepala Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asry Musfhyradillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0