Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah kejuruan

Nirta Andriani(1*), Syamsu A Kamaruddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.52742

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Pendekatan penelitian ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Pengecekan dan keabsahan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara keseluruhan berkriteria sangat baik. Ini menunjukkan kepala sekolah telah melaksanakan indikator-indikator kepemimpinan transformasional seperti: Idealisasi Pengaruh (Idealized Influence), Stimulasi Intelektual (Intellectual Stimulation), Konsiderasi Individual (Individualized Consideration), Motivasi Inspirasional (Inspirational Motivation) terlaksana dengan sangat baik. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan transformasional kepala sekolah yaitu, Faktor pendukung antara lain: kerjasama, komunikasi terbuka, ide-ide kreatif dalam melakukan kegiatan-kegiatan inovatif, ketersediaan sarana dan prasarana, visi dan misi, pengetahuan dan kemampuan, serta kedisiplinan, dan Faktor penghambat antara lain manajemen waktu yang belum terorganisir dengan baik oleh guru dan staf, beberapa guru yang tidak percaya diri dalam melaksanakan tugasnya sehingga masih butuh bimbingan dari kepala sekolah, adanya kecemburuan sosial diantara para guru dan staf terhadap pemberian nilai KKG oleh kepala sekolah, keterbatasan waktu dalam melaksanakan semua program yang ada, kepala sekolah terkadang harus mengisi jam mengajar guru ketika ada guru yang terlambat masuk di kelas untuk mengajar.

Keywords


Kepemimpinan; Transpormasional; Kepala Sekolah;

Full Text:

PDF

References


Purwanti, E. (2021). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Taman Asuhan Kota Pematangsiantar.

Haryati, H., Sutrisno, S., & Maulina, I. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Taman Kanak-Kanak Al Mukaddimah Pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 68–76.

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Khasanah, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jakad Media Publishing.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nirta Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0