Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Di Sekolah Menengah Pertama

Witri Ali(1*), Arismunadar Arismunadar(2), Sumarlin Mus(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.49904

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru dibidang teknologi informasi dan komunikasi guru dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guru. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Satap 9 Barru, sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Pengecekan dan pengabsahan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi Pedagogik guru dalam proses pembelajaran dengan cara menggunakan aplikasi meet dan zoom sedangkan pembelajaran tatap muka memenfaatkan penggunaan power poin. (2) Kompetensi Profesional diwujudkan: a) komunikasi dengan pihak guru, siswa dan kepala sekolah menggunakan media HP dan WA. rapat melalui via zoom, meet dan Wa, pengiriman data pegawai melalui e-mail. b) mengembangkan diri melalui media internet dan youtube, dan pelatihan online (webinar dan seminar) . (3) Faktor pendukung ialah: a) adanya dukungan kepala sekolah. b) dukungan internet dan youtube terhadap penggunaan dan cara pengoperasian IT yang digunakan. c) Adanya sosialisasi dan diklat dari sekolah, serta kerjasama. Adapun faktor penghambatnya ialah a) adanya guru yang kurang paham akan penggunaan TIK b) jaringan dan sarana prasarana kurang mendukung


Keywords


Pemanfaatan Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN VARIABEL KONTROL LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1),148.

https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.945 0

AAtmuji. (2018). Pengaruh Kecerdasan Sosial, Kompetensi Profesional Dan Perilaku Guru Dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Sma Negeri Di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Bachri. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan.

Barnawi, & Arifin, M. (2021). Etika dan Profesi Kependidikan. Ar-ruzz Media. Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualititaif. PT. Remaja Rosda Karya. Muhaimin, A. . (2001). Islam dalam bingkai Budaya Lokal: Potret dari Cirebon.

Logos Wacana Ilmu, Yayasan Adikarya IKAPI dan The Ford Fo [u] ndation.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional.

(Cetakan I). PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. (2012). Menjadi Guru Profesional (P.R. R. Karya (ed.)).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

UNESCO. (2020).4 Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan. http://www.unesco.org/new/en/communi cation-and- information/resources/publications-and- communication- materials/publications/full-list/unesco- ict-competency-framework-for- teachers/


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Witri Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0