Motivasi Berprestasi Guru di SD Berbantuan Muhammadiyah II Berua Makassar

Nuryana Dian Islamyiah Junaid(1*), Andi Mappincara(2), Sitti Habibah(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.46179

Abstract


Penelitian ini mengkaji Motivasi Berprestasi Guru Di SD Berbantuan Muhammadiyah Berua II Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi berprestasi guru di SD Berbantuan Muhammadiyah II Berua Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini kepala sekolah sekolah telah memenuhi motivasi berprestasi guru dengan terpenuhinya kebutuhan guru mulai dari kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman , kebutuhan sosial, kebutuhan rasa harga diri dan kebutuhan akan aktualisasi diri guru di SD Berbantuan Muhammadiyah II Berua Makassar

Keywords


Kepala sekolah, motivasi, prestasi guru

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). Bumi Aksara.

Fatikah, N. & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989

Hanum, N. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Pengembangan Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 38–50. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p038

Harpepen, A., & Sari, A. P. (2020). PEMENUHAN KEBUTUHAN KARYAWAN KONTRAK DAN KARYAWAN TETAP PADA BANK MUAMALAT INDONESIA BERDASARKAN TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW. JURNAL AGHINYA STIESNU BENGKULU, 3, 217.

Hartinah, S., Arbaini, W., Arsil, A., & Hamengkubuwono, H. (2020). KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts N 01 Kepahiang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 217–233.

Kasiram, Moh. (2010). Metode Penelitian. UNI-Maliki Press.

Khatimah, N. (2021). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK. Proceeding: Islamic University of Kalimantan, 0, 0. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/4725

Kompri. (2019a). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2019b). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya.

Machali, I., & Ara, H. (2018). The Handbook Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia Edisi 2 (Edisi 2). Prenadamedia Group.

Permendikbud No.19 Tahun 2020 Ttg Perubahan Juknis BOS Reguler.pdf. (t.t.).

Sugiono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhartono, S. (2015). Filsafat Administrasi Pendidikan (Sebagai Jalan Lurus Menuju Tujuan Pendidikan). Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuryana Dian Islamyiah Junaid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0