Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik Dan Kependidikan

Fira Ilfia Siska(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Syamsurijal Basri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.44610

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran peran manajerial kepala sekolah dan faktor pendukung serta faktor penghambat dari peran manajerial kepala sekolah dalam pemenuhan standar tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 6 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenalogi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini ada lah kepala sekolah, guru dan staf. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran peran manajerial kepala sekolah terbagi menjadi empat fokus yaitu kepemimpinan, pengelolaan, pengawasan dan evaluasi kepala sekolah terhadap tenaga pendidik dan kependidikan diantaranya mampu membangun komunikasi yang baik dan menggunakan pendekatan secara langsung memantau proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah serta memperhatikan dampak jangka panjang dari kegiatan yang dilaksanakan. (2) faktor yang menjadi pendukung pemenuhan standar tenaga pendidik dan kependidikan yaitu fasilitas yang memadai di sekolah dan akses internet yang lancar. Dan faktor penghambatnya yaitu jarak sekolah yang jauh dari pusat kota dan kurangnya pegawai negeri sipil yang mengabdi di sekolah. 

Keywords


manajerial; standar tenaga pendidik dan kependidikan

Full Text:

PDF

References


Purwanti, Sri. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Displin Kerja Guru dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrasi Negara.

Peraturan Pemerintah RI No. 57. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia No.15. 2018. Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Manajemen Kelas : Teori dan Aplikasi untuk Mendapatkan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Powerwadaminto, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Peraturan Pemerintah RI No.102. 2000. Tentang Standardisasi Nasional.

Undang Undang No.20 Pasal 39 Ayat 2. 2003. Undang-Undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah RI No. 57. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Iskandar, A. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Organisasi dan Motivasi; Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusnidar. 2014. Kemanageran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Bandar Aceh: Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.

Satriadi. 2016. Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sd Negeri Binaan Tanjungpinang. Vol.4 vol. .Journal of Economic and Economic Education No.2.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rawita, Sutisno. 2012. Mengelola Sekolah Efektif: Perspektif Manajerial dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fira Ilfia Siska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0