Penerapan Model PJBL Berbasis Bahan Bekas Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok B

Beti Nurasih(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), Andi St.Emeralda Ria(3),

(1) TK Negeri Pembina Arut Selatan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27519

Abstract


Abstract. This study aims to determine whether the application of the Project Based Learning model using used materials can increase children's creativity to create original work for group B students at the South Arut Pembina State Kindergarten, West Kotawaringin. The type of this research is classroom action research with the research subjects being group B students of TK Negeri Pembina South Arut in the odd semester of 2021/2022, totaling 10 children, which were taken based on purposive sampling. Based on the Classroom Action Research which consisted of pre-cycle, Cycle I and Cycle II, the percentages of class success were 40%, 50% and 80% respectively. This means that the application of the PJBL model using used materials can increase the percentage of successful achievement of children in group B of the Pembina State Kindergarten

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning menggunakan bahan bekas dapat meningkatkan kreatifitas anak  untuk menciptakan karya orisinil siswa kelompok B TK Negeri Pembina Arut Selatan Kotawaringin Barat. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Negeri Pembina Arut Selatan pada semester ganjil tahun 2021/2022 yang berjumlah 10 anak, yang diambil berdasarkan purposive sampling.  Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas pra siklus, Siklus I dan Siklus II, diperoleh presentase pencapaian keberhasilan kelas berturut 40%, 50% dan 80 %. Artinya penerapan model PJBL menggunakan bahan bekas dapat meningkatkan presentase pencapaian keberhasilan anak kelompok B TK Negeri Pembina

Keywords


Project Based Learning, Used Materials, Creativity

Full Text:

PDF

References


Alayinda, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Proyek di PAUD Aisyiyah Busthanul Atfhal 3 Pontianak Tenggara.

Arsalan, A.A. (2014). A Study into the Effects of Art Education on Children at the Socialisation Process. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, pp.4114-4118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.900.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Dewi, I. A., Suarni, N. K., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A TK Negeri Pembina. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Hanafi, S. H. dan Sudjarwo. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di Tk Kota Bima. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2 (2), pp. 215 – 225.

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni Lukis untuk simulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Ana, 9(2), pp.134-139.

Haryati.2012. Aktivitas Cerdas Pengisi Kegiatan PAUD. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Husna, A., Cahyono, E., & Fianti. (2019). The Effect of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcomes and Creativity. Journal of Innovative Science Education, 8(1), pp.1-7.

Jumroh, & Istiarini, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Proyek Usia 5 - 6 Tahun Di TK Nurul Insan Kabupaten Tangerang. Jurnal Ceria, 6(1), pp.48–63.

Maulana, I., & Mayar, F. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), pp.1141–1149.

Nurmayanti, “Bermain dan Beraktivitas pada Anak Usia Dini,” J. Pengabdi. Kpd. Masy, 20(77), pp.1-9.

Satori D, dkk. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suryoto, Bagong. 2008. Peduli Lingkungan. Jakarta: Prima Info Sarana.

Tuğrul, B., Uysal, H., Güneş, G., & Okutan, N. Ş. (2014). Picture of the Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, pp.3096–3100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2 014.01.714.

Widhiasih, A. P., & Astuti, A. (2021). Analisa Metode Proyek Terhadap Kreativitas Anak di Masa Karantina Covid 19. Jurnal Ceria, 13(2), pp.32–39.

Yuliarti, Nurheti. 2010. Dari Sampah Menjadi Berkah. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Beti Nurasih, Syamsuardi Syamsuardi, Andi St.Emeralda Ria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0