Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT

Mahmud Mahmud(1*), Arismunandar Arismunandar(2), Andi Nurochmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.27420

Abstract


This study examined the Management of Integrated Islamic School Curriculum at SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. The purpose of research is to know the planning, implementation, and evaluation of the curriculum. This research approach is qualitative. Data analysis techniques use data reduction, data exposure and conclusion withdrawal. Checking the validity of data using trianggulation techniques. The results showed that; (1) In school planning to prepare a curriculum based on the national curriculum combined with wahdah Islamiyah curriculum arranged by the principal, deputy principal of the curriculum section and form a school curriculum team, by trying to show the characteristics of the school (2) In the implementation of curricular, the school teaches general subjects and typical subjects, in learning teachers try to insert religious values in general subjects and carry out the self- development of learners (extracurricular) typical of the school. (3) In the curriculum evaluation, the school evaluates the performance of educators through supervision and the school assesses the learning outcomes of learners through daily evaluation, mid- and final semester evaluations in accordance with the educational calendar. As for the supporting factors, namely, the formation of the school curriculum team and still less effective teachers in implementing the curriculum.


Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Dalam perencanaan sekolah menyusun kurikulum berdasarkan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum khas Wahdah Islamiyah yang di susun oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum serta membentuk tim kurikulum sekolah, dengan berusaha memperlihatkan ciri khas sekolah (2) Pada pelaksanaan kurikukulum, sekolah mengajarkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran khas, dalam pembelajaran guru berusaha menyisipkan nilai keagamaan pada mata pelajaran umum dan melaksanakan pengembangan diri peserta didik (ekstrakurikuler) khas sekolah. (3) Pada evaluasi kurikulum, sekolah mengevaluasi kinerja tenaga pendidik melalui supervisi dan sekolah menilai hasil belajar peserta didik melalui evaluasi harian, ulangan tengah dan akhir semester sesuai dengan kalender pendidikan. Adapun faktor pendukungnya yaitu, dibentuknya tim kurikulum sekolah dan masih kurang efektifnya guru dalam melaksanakan kurikulum.


Keywords


Curriculum Management; Integrated Islamic Curriculum Management

Full Text:

PDF

References


Agustina, S. Suntoro, I. Nurmalisa, Y., n.d. Peran Sekolah Islam Terpadu Dalam Pembentukan Karakter Religius SISWA (Study kasus di SDIT Islam Terpadu Permata Bunda GedungMeneng Rajabasa Bandar Lmpung) TP 2012 15.

Arifin, Z. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, in: 1. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Arikunto, S. 2010. Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah R.I Tahun 2003 Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar.

Citra Umbara, Edy, M.N. 2018. Manajemen Kurikulum Islam Terpadu Di Sd It Al- Firdaus Gubug Grobogan.

Effendy, M. 1996. Manajemen: suatu pendekatan berdasarkan ajaran Islam, Cet. 2. ed. Jakarta: Bhatara.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Akasara.

Hamalik, O. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum, IV. ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamdi, M.M. 2020. Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Intizam J. Manaj. Pendidik. Islam 4, 66–75.

Hernawan, A.H. Resmini, N. 2014. Pembelajaran Terpadu di SD, in: Konsep Dasar Dan Model-Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka, pp. 1–35.

Konsep Pendidikan Sekolah IslamTerpadu n.d. Referensi Makal URL https: www.kumpulanmakalah.com/2016/10/ko nsep pendidikan-sekolah-islam terpadu.html (accessed 8.10.20).

Lubis, A.Y. 2015. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada Sma Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar 3, 21.

Moeleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Nasution, S. 2011. Asas-Asas Kurikulum.

Jakarta: Bumi Aksara.

Neoloka, A. 2014. Metode Penelitian Praktek dan Statistik. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2018. Manajemen Kurikulum, 5.Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Bandung.

Sholeh, H. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru: Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Suhartono, S. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sule, E.T. 2005. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenada Media.

Suryanto, adi, 2014. Evaluasi Pembelajaran di SD Tangerang Universitas: Terbuka.

Suyatno, S. 2014. Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Pendidikan Islam di Indonesia. J. Pendidik. Islam 2, 355. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.355- 377

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori Dan Praktek. Jakarta.

Wahidin, A., 2019. Manajemen Kurikulum Sekolah Islam (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Unggulan Islami (SUIS) Bogor). Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam 2, 207– 224.

https://doi.org/10.30868/im.v2i02.391

Zulharman, 2007. Evaluasi Kurikulum: Pengertian, Kepentingan Dan Masalah Yang Dihadapi.


Article Metrics

Abstract view : 360 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mahmud Mahmud, Arismunandar Arismunandar, Andi Nurochmah





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0