Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Plastisin

Herlina Tadoranggi(1*), Bastiana Bastiana(2), Ramlah Ramlah(3),

(1) TK GKST Betesda Kasiguncu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27255

Abstract


Abstract. This study aims to improve children's fine motor skills through the play method using plasticine in children aged 5-6 years. Data collection was carried out using observation techniques, documentation of children's work, anecdotal notes and field notes. Children's fine motor skills increased from 50%. to 70% at the first meeting. At the second meeting the children's abilities increased to 80% and at the third meeting the children's abilities increased by 90%. The conclusion of this study is that through the Playing Method with Plasticine, it can improve the Fine Motor Ability of Children. Overall all work programs are carried out according to plan. With the end of this PPL activity, the author hopes that the program implemented can be useful for TK GKST Betesda Kasiguncu in particular.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui metode bermain menggunakan plastisin pada anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi hasil karya anak, catatan anekdot dan catatan lapangan. Keterampilan motorik halus anak meningkat dari 50%. menjadi 70% pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua kemampuan anak meningkat menjadi 80% dan pada pertemuan ketiga kemampuan anak meningkat 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Metode Bermain dengan Plastisin dapat meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Secara keseluruhan semua program kerja dilaksanakan sesuai rencana. Dengan berakhirnya kegiatan PPL ini, penulis berharap program yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi TK GKST Betesda Kasiguncu khususnya.

Keywords


Motorik Halus anak, bermain, plastisin.

Full Text:

PDF

References


John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Ahmad Susanto. 2006. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2011) Hal. 12

Atin Nur Chamidah, Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.Jurnal Pendidikan Khusus Vol 5 No 2 Nopember 2009

Dwi Junianto. Media Belajar Plastisin. {online}, http://dwijunianto. Wordopress.com/ media-belajar-plasisin/ diakses tanggal 17 September 2021.

Kartini, Penggunaan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini, ejournal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol 1, No 2, November 2014.

Lilis Krisnawati. (2008). Bermain Plastisin. Klaten: Intan Parwira.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Panggung Sutapa, Suharjana, Japhet Ndayisenga, and Mohd Salleh Bin Aman. (2021). Improving of FineMotor Skills Through Plasticine Playing and Clay in Early Childhood. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI) Volume 12, Issue 7, July 2021: 2427 – 2436. Diakses tanggal 23 Desember 2021.

Rita kurniah, Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, (Pekanbaru: Cendikia insane,.2011) Hal. 2-3.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28 ayat 1

Zherly Nadia Wandi.Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase, Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4 No.1 Tahun 2019


Article Metrics

Abstract view : 861 times | PDF view : 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herlina Tadoranggi, Bastiana Bastiana, Ramlah Ramlah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0