Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Paud

Sulikhah Aksa(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Indrawati Indrawati(3),

(1) TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sumberpucung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27176

Abstract


Abstract,The purpose of this study is to describe how the application of project-based learning influences the habituation of a clean and healthy lifestyle in early childhood using research and development method. This research was conducted in TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sumberpucung Malang Regency with 5 randomly selected subjects in group B. Based on the research, it was found that the application of the project based learning model in children's learning was able to familiarize children with a clean and healthy lifestyle.

Abstrak, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran projectbased learning terhadap pembiasaan pola hidup bersih dan sehat pada anak usia dini yang menggunakan metode penelitian research dan development. Penelitian ini dilakukan di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sumberpucung Kabupaten Malang dengan subjek yang dipilih secara acak sebanyak 5 anak kelompok B. Berdasarkan dari penelitian didapatkan bahwa penerapan model projectbased learning pada pembelajaran anak mampu membiasakan anak dalam pola hidup bersih dan sehat.

Keywords


PHBS habituation; Project Based Learning; Early childhood

Full Text:

PDF

References


aryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud nomor 146 Tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Mardiati, R. (2010). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Aanak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Masitoh. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: UT.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembalajarn. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. 6(2), 149–160.

Qisti, S. N. (2020). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Anak Usia Dini. 1–7.

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2013). Implementasi Pembelajaran Project Based Learnig Untuk Anak Usia Dini.

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Issue 021). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Sutanto. (2019). Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positif Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini. 5(1), 82–88.


Article Metrics

Abstract view : 458 times | PDF view : 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sulikhah Aksa, Muhammad Yusri Bachtiar, Indrawati Indrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0