Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Membuat Pola ABCD-ABCD Sate Buah

Sriyani Sriyani(1*), Syamsiah Djaga(2), Andi Mardiana(3),

(1) TK Mandala Putra
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Rianyoma No. 33
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26963

Abstract


This study aims to improve the cognitive abilities of early childhood in making ABCD-ABCD patterns through activities of making ABCD-ABCD patterns using fruit satay in group B students at Mandala Putra Kindergarten. The subjects of this study were 5 students of group B of TK Mandala Putra. The object of this research is the cognitive ability of early childhood in making ABCD-ABCD patterns using fruit satay. The data collection technique used was observation of the students' work to determine the level of children's cognitive abilities in making ABCD-ABCD patterns and evaluation was also carried out during children's activities. The data analysis technique in this research is descriptive quantitative. Based on the results of data analysis carried out, it was obtained that learning completeness in the pre-cycle had a percentage of 20%, in the first cycle it had a percentage of 40%, and in the second cycle it had a percentage of 60%. And from the results of the analysis above, it can be interpreted that the activity of making ABCD-ABCD patterns using fruit satay can improve the cognitive abilities of group B

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam membuat pola ABCD-ABCD melalui kegiatan membuat pola ABCD-ABCD dengan menggunakan sate buah pada anak didik kelompok B di TK Mandala Putra. Subjek dari penelitian ini adalah 5 peserta didik kelompok B TK Mandala Putra. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak usia dini dalam membuat pola ABCD-ABCD dengan menggunakan sate buah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap hasil karya peserta didik untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif anak dalam membuat pola ABCD-ABCD dan dilakukan pula evaluasi selama kegiatan anak dilaksanakan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh ketuntasan belajar pada pra-siklus memiliki persentase sebesar 20 %, pada siklus I memiliki persentase sebesar 40 %, dan pada siklus II memiliki persentase sebesar 60 %. Dan dari hasil analisis di atas dapat diartikan bahwa kegiatan membuat pola ABCD-ABCD dengan menggunakan sate buah dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik kelompok B


Full Text:

PDF

References


Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Jamaris. (2006). Aspek-Aspek Perkembangan Kognitif. [Online]. Tersedia dalam: http://hughees.blogspot.co.id/2006/13/aspek-perkembangan-anak-usia-dini.html

Marpirah., D, Fadillah, Marmawi. N.d. Kemampuan Mengenal Pola Abcd Dengan Media Gambar di Taman Kanak-Kanak PGRI Karya Nilam Ketapang. Prodi PG PAUD FKIP Untan Pontianak

Mumayizah. (2019). Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak Kemala Sukarame Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 8(5), 55.

Padmonodewo. (2003). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. [Online]. Tersedia dalam: http://padmonodewo.blogspot.co.id/2003/27/perkembangan-kognitif.html

Piaget, Jean & Barbel Inhelder, (2010). Psikologi Anak (Penerjemah: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahayu., Setyawati. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Melalui Praktek Langsung Di Kelompok B Tk Pertiwi 54 Teruman, Bantul, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Sholikhah., T, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCDABCD Melalui Media Tongkat Asta pada Anak Kelompok B Tk Islam Baitul Makmur Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Nusantara Kediri

Slamet Suyanto. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sulastri, N. M. (2021). Identifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal-Informal, 7.

Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka

Yuliani N. Sujiono, dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 626 times | PDF view : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sriyani Sriyani, Syamsiah Djaga, Andi Mardiana

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0