Penerapan Teknik Kolase Dengan Media Nyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok-B

Nur Syamsi(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK Negeri Pembina Benteng No. 25 Kepulauan Selayar
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26522

Abstract


This study aims to determine how the application of collage techniques in improving the fine motor development of students at Pembina Benteng State Kindergarten. This research was conducted at Pembina Benteng State Kindergarten for 2 months covering planning, implementation, observation and reflection. The research method in this study used classroom action research methods with descriptive statistical data analysis techniques. The learning model uses a center model with the theme of plants, sub-themes of fruit plants. The results showed that by applying the collage technique using real media, children's fine motor development can develop well, this can be seen from the results of the development of 10 children. developing, 1 child who is at the stage of developing as expected and 9 children who are at the stage of developing very well.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik kolase dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak didik pada TK Negeri Pembina Benteng. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Benteng selama 2i ibulan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Model pembelajaran menggunakan model sentra dengan tema tanaman sub tema tanaman buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik kolase menggunakan media nyata, perkembangan motorik halus anak dapat berkembang dengan baik, hal ini terlihat dari hasil perkembangan dari 10 orang anak Pada Siklus 2 hari ke 5 diketahui bahwa tidak ada anak yang berada pada tahap belum berkembang dan mulai berkembang, 1 anak yang berada pada tahap berkembang sesuai harapan dan 9 anak yang berada pada tahap berkembang sangat baik..


Keywords


Centre; Collage; Fine Motor

Full Text:

PDF

References


Bambang Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik . Jakarta: Universitas. Terbuka

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yusuf, Syamsu. 2001. sikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zaman, badru, dkk. (2013). Media dan Sumber Belajar TK. Tanggerang : Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Syamsi, Muhammad Yusri Bachtiar, Ita Rostia Ichsan





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0