Pengaruh Media Papan Flanel Menggunakan Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok B

Nur Hikmawati(1*), Herman Herman(2), Azizah Amal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.25797

Abstract


This study aims to determine the effect of flannel board media using pictures on visual-spatial intelligence of children aged 5-6 years in Babul Jannah Kindergarten, Selayar Islands Regency. This research took place in Babul Jannah Kindergarten, Selayar Islands Regency, which consisted of 12 children as research samples. The research approach used is quantitative with pre-experimental type and one group pretest-posttest research design. The data collection technique used is the treatment test and observation. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis, Kolmogorov Smirnov normality test and paired sample test. The results of the paired sample test are sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, it can be concluded that there is an effect of learning activities using flannel board media using pictures on visual-spatial intelligence of children aged 5-6 in Babul Jannah Kindergarten, Selayar Islands Regency.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media papan flanel menggunakan gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Babul Jannah Kabupaten Kepulauan Selayar. Penelitian ini bertempat di TK Babul Jannah  Kabupaten Kepulauan Selayar yang terdiri dari 12 anak sebagai sampel penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan  adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas kolmogorov smirnov dan uji paired sampel test. Hasil uji paired sampel test yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh kegiatan pembelajaran menggunakan media papan flanel menggunakan gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 di TK Babul Jannah Kabupaten Kepulauan Selayar


Keywords


Visual-Spatial Intelligence; Flannel Board Media Using Pictures

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M., & Utomo, R. 2017. Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran.

Asmariani, A. 2016. Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Elvi. 2014. Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Melalui Kegiatan Membentuk Kolase Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 127 Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Hikmah, R. S. N., Rintayati, P., & Lestari, L. 2019. Upaya Meingkatkan Kemampuann Mengurutkann Pola Bentuk 3 Dimensi Geometri Dengan Media Papan Flanel. Kumara Cendekia, 7(3), 304-313.

Kahar, D. 2020. Pengaruh Penggunan Media Papan Flanel Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulan Siswa Kelas I Sdn 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Perdana Mulya Sarana.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Nopayana, S., Rostika, D., & Ismail, M. H. (2015). Upava Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan pada Anak melalui Media Papan Flanel Modifikasi. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Nurdin, Syafruddin, Adrianto. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Pramitha, R.,Syafdaningsih,S., & Sumarni, S. 2018. Pengembangan Papan Flanel Bermain Pola Untuk Anak Kelompok B Di TK Permata Bunda Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 122-130.

Rohmah, K. A. 2017. Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Nuris Jember.

Rosidah, L. 2014. Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281-290.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kecana.


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Hikmawati, Herman Herman, Azizah Amal





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0