Pengelolaan Kelas Dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran Di SD

Kartina Kartina(1*), Wahira Wahira(2), Andi Wahed(3),

(1) Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.24896

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan kelas dalam menunjang  keefektifan pembelajaran di SD.  Fokus penelitian ini antara lain (1) Keterampilan memulihkan kondisi belajar. (2) Keterampilan menciptakan kondisi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari kepala sekolah dan guru di SD 31 Maros Kecamatan Turikae Kabupaten Maros. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Keterampilan memulihkan kondisi belajar di terapkan dengan baik untuk menciptakan kondisi belajar yang efektif di dalam kelas dengan memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok, dan menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. (2) Dilihat dari keterampilan menciptakan kondisi belajar dilaksanakan dengan memperhatikan tingkah laku peserta didik ketika berada di dalam kelas dengan menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, menegur, dan memberikan penguatan. Guru harus lihai melihat keadaan dan mengatur peserta didik ketika berada di dalam kelas.

Full Text:

PDF

References


Djamarah Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hall, Gene E, Linda F. Quinn, dan Donna M. Gollnick, 2008, Mengajar Dengan Senang. Jakarta: Indeks

Rohani Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarna. Dkk. 2005. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tri Wacana

Sutiman, 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Erman Suherman & Udin S. Winataputra. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana; 1989; Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran; Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 329 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0