Pengaruh Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sossok

Nurma Alfitri(1), Syamsuardi Saodi(2*), Herman Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.24706

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan berhitung anak sebelum dan setelah diberi perlakuan media Apron Hitung, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Apron Hitung terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pertiwi II Sossok. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B di TK Pertiwi II Sossok yang berjumlah 12 anak. Berdasarkan hasil pengkajian hipotesis diperoleh nilai Thitung 7 > Ttabel 2,228 dan nilai Zhitung 0,735 > Ztabel 0,2734, artinya terdapat pengaruh variabel media Apron Hitung terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B TK Pertiwi II Sossok.

Full Text:

PDF

References


Badru Zaman. (2010).Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru.

Dede Berlian, . (2013). Pengembangan media apron untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita IV Katerban. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Devita Philia. 2015. Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Kartini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Skipsi. Program Studii Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Due, G., & Ita, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14–31. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5213

Jusmiyanti, A., Aswandi, A., & Yuniarni, D. (2015) Penggunaan Media Apron Number Dalam Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Anak Di Tk Kemala Bhayangkari 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10).

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283-293.

Muhiyatul. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-sibyan: Jurnal Pendidikan Guru Raudathul Athfal. 1(1), 60-71.

Musi, M. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi Dengan Media Gambar. Indonesian Journal of Educational Studies, 19(1).

Nainggolan, E. R., Asymar, H. H., Nalendra, A. R. A., Anton, Sulaeman, F., Sidik, Radiyah, U., & Susafarati. (2019). The Implementation of Augmented Reality as Learning Media in Introducing Animals for Early Childhood Education. 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2018, Citsm. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674350

Philia, prawastiningtyas devita. (2015). Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Kartini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(4), 1689–1699.

Ratna. Juita. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air Di Tk Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD. 1(1).

Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21-26.

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57.

Sarinah. 2020. Pengembangan Media Apron Hitung Dalam Pembelajaran Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Al-Madani Kabupaten Kepahiang. Tesis. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Bengkulu.

Suka. 2016. Pengembangan Kegiatan Bermain Kelereng Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak ABA III Perangian Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Makasar. Makassar

Tati Rahmawati. 2018. Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Lingkaran Warna Pada Kelompok A Di Paud Harapan Umat Desa Kebondowo Kec. Banyubiru Kab. Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institud Agama Islam Negeri (IAIN) SALATIGA.


Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0