Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar

Surya Surya(1), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Herlina Herlina(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.21456

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan treatment  melalui kegiatan puzzle dari daur ulang kelompok B pada usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Citra Kecamatan Tallo Kota Makassar dan ada atau tidak pengaruh kegiatan bermain Puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Citra. Pendekatan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental yang meliputi tahap pre-test, treatment dan post-test, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun populasi berjumlah 36 anak didik dan sample yang digunakan yaitu random samplingdengan 12 orang anak dan 3 tenaga pendidik desain penelitian yaitu one grou pre-test post-test desain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic parametric (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perkembangan kognitif anak pada post-test dan pre-test berbeda. Hasil pengujian paired  menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan bermain puzzle daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar kelompok B. 


Full Text:

PDF

References


Anarani, F. L. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Rulung Raya Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Cahyana, L. M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Flanel Di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda Kampung Kalipapan. Skripsi.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. N. (2019). Pengaruh alat permainan edukatif terhadap kemampuan kognitif bidang pengembangan geometri anak usia dini pada anak kelompok tk a.

Hani, Q. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Bentuk Geometri Dengan Menggunakan Media Alam Sekitar Di Tk Pgri 79/03 Ngaliyan, Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Herlina, H. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Logika Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Iii Cabang Karunrung Kota Makassar. Journal of Education, 2(1).

Janice, V. (1996). Geometry for Every kids: Easy Activities That Make Learning Geometry. Jakarta. https://doi.org/PT Anem Kosong Anem

Nita, D. B. (2019). Pengaruh Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V Min Medan Tembung T.A 2018/2019. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Nurul, A. L. (2017). Peningkatan Ape Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Melaluiperaga Rumah Warnadi Paud Cerdas Ceria Jetis Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Putri, A. Y. (2019). Pengaruh Metode Discovery Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kartika Desa Fajar Baru Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Roestiyah.N.K. (1990). Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Pt. Bina Aksara.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831

Sufiatul, F. (2017). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Torokil, M. A. L. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Min Lambaro Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Wahyudi. (2005). Permainan Puzzle. http/yhanapratiwi.files.wordpress.com.2014/03/puzzle.pdf


Article Metrics

Abstract view : 313 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0