Dukungan Keluarga dan Efikasi Diri Mempengaruhi Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 24 Bone

Hasmatang Hasmatang(1), Irwandi Rahmat(2*),

(1) Universitas Sipatokkong Mambo
(2) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cse.v2i3.56997

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan efikasi diri dengan hasil belajar biologi peserta didik. Populasi penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 24 Bone sebanyak 94 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 62 orang, diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari tahun ajaran 2019/2020. Data dukungan keluargan dan efikasi diri dikumpulkan menggunakan angket dan data hasil belajar biologi diperoleh dari tes hasil belajar biologi berupa soal pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mengetahui dukungan keluarga, efikasi diri dan hasil belajar biologi peserta didik, serta statistik inferensial yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov test, uji linieritas menggunakan analisis ANOVA Table, dan uji korelasi sederhana menggunakan Pearson Product Moment dan  uji regresi untuk mengetahui hubungan dan kontribusi variabel dukungan keluarga dan efikasi diri dengan  hasil belajar biologi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)dominan peserta didik memiliki dukungan keluarga kategori sedang dengan persentase 33,87%, (2)dominan peserta didik memiliki efikasi diri kategori sedang dengan persentase 35,48%, (3)dominan peserta didik memiliki hasil belajar biologi kategori sangat tinggi dengan persentase 35,48%, (4)terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang rendah, (5)terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang rendah, (6)terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan keluarga dan efikasi diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi peserta didik dengan kategori hubungan yang sedang.


Keywords


Dukungan Keluarga, Efikasi Diri, Hasil Belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. 2011. Efikasi diri, Dukungan Sosial Keluarga, dan Self Regulaterd Learning pada Siswa Kelas VIII. Humanitas. (online) Vol. VIII. No. 1 (http://dx.doi.org/10.26555/humanitad.v8i1.448, Diakses 9 September 2019).

Departemen Pendidikaan Nasional, 2007. Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Friedman, 2000. Peningkatan Motivasi dan Keaktifan dalam Pembelajaran. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana.

Harahap, D. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Digital respository UNM, (http://digilib.unimed.ac.id/, Diakses 5 Maret 2020).

Hasbullah, 2001. Diktat Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Kholiq, A. & Alsa, A. 2015. Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Predictor Prestasi Belajar Matematika. Gadja Mada Journal Of Psychologi, (Online), Vol. 1, No. 2, (https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/7345/5722, Diakses 3 Maret 2020).

Rini, Q.K., Majorsy, U., & Hapsari, R. M. 2015. Hubungan metakognisi, Efikasi Diri Akademik dan Prestasi Akademi pada Mahasiswa, Prosiding PESAT, (Online), Vol. 6 (https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/view, Diakses 5 Maret 2020).

Suhaeli, E. 2008. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Keberhasilan belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Tidak Diterbitkan IAIN Sunan Kalijaga Jurusan Tarbiyah. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/ Diakses 10 Mei 2020).

Thoriq, 2013. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Prestasi Belajar SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (Online).(https://etheses.uin-malang.ac.id, Diakses 25 Agustus 2019).

Wang & Neihart. 2015. Academic Self Concept and Academic Self Efficacy: Self Beliefs Enable Academic Achievement of Twice Exceptional Students. Roeper Review, (online) Vol. 37, No. 2, (https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02783193.2015.1008660, Diakses 2 Mei 2020).

Yoenanto, H. N. 2017. Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP di Surabaya. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital. Semarang: Hotel Grasia.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hasmatang, Irwandi Rahmat

  Email: [email protected]

Indexed by:

   

 

Creative Commons License
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View CSE UNM Stats