Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Indikator Memberikan Penjelasan Sederhana & Membangun Keterampilan Dasar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 17 Makassar

Rifda Nur Hikmahwati Arif(1*), Rifda Mardian Arif(2), Sitti Saenab(3), Salma Samputri(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cse.v2i2.47511

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil Hubungaan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Indikator Memberikan Penjelasan Sederhana & Membangun Keterampilan Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 17 Makassar yang berjumlah 290 peserta didik dan tersebar di 10 kelas yang berbeda. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik sampling pada penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh sehingga total sampel pada penelitian ini adalah 290 peserta didik. Data kemudian diolah dengan analisis statistik deskriptif dengan uji normalitas, uji signifikansi, mean, median, modus, standar deviasi dan koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil menujukan bahwa terdapat korelasi yang sangat rendah antara keterampilan berfikir kritis dalam memberikan penjelasan sederhana dengan membangun keterampilan dasar peserta didik yaitu sebesar 0,0291.


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Korelasi

Full Text:

PDF

References


Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas X IPA Pada Materi Virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education. 7-11.

Facione, P. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.

Fahrurrozi, & Bintoro, T. (2022). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jakarta: UNJ PRESS.

Fitriani, R., & Irawan, A. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VII Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bioedusiana, 8-14

Khoirunnisa, F., & Sabekti, A, W., Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 26-31

Kurniawati, Kharisma Lusiana. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik pada Materi Operasi Aljabar Kelas VII di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar. Seminar Nasional FST, 1: 624.

Kuswana, W. S. 2012. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Palm, T. (2008). Performance Assessment And Authentic Assessment: A Conceptual Analysis Of The Literature. Practical Assessment, Research & Evaluation, 1-11.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96.

Sari, Renny Ninda. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dengan Menggunakan Graded response models (GRM). Lampung: Universitas Islam Negeri Rade Intan.

York, T., Gibson, C., & Rankin, S. (2015). Defining and Measuring Academic Success. Practical Assesment, Research & Evaluation, 1-20

Wahyuni, T. E., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2022). Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Penggunaan Media Flipbokk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kibar. 438

Zakiah, Linda. Dkk (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Jakarta: Erzatama Karya Abadi.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rifda Nur Hikmahwati Arif, Rifda Mardian Arif

  Email: [email protected]

Indexed by:

   

 

Creative Commons License
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View CSE UNM Stats