Petani Kelapa Sawit di Kampung Bukit Makmur Kabupaten Berau, 2014-2020.

Shinta Purnama Sari(1*), M. Rasyid Ridha(2), Fitra Widya Wati(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang keberadaan petani kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur Kabupaten Berau, perkembangan petani kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur Kabupaten Berau, dan untuk mengetahui Keadaan sosial ekonomi petani kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur Kabupaten Berau. Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari 4 tahap, yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa (1) latar belakang keberadaan petani kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur dikarenakan ketersediaan lahan yang mencukupi, dilaksanakannya program Desa yang berfokus pada pertanian dan perkebunan, harga kelapa sawit yang semakin tinggi, serta beban kerja yang cukup ringan membuat banyak petani kelapa sawit memiliki pekerjaan sampingan, (2) perkembangan perkebunan kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur yakni dimulai pada fase awal penanaman dan pengembangan (2014 – 2017), kemudian berlanjut ke fase produksi dan periode perkembangan (2018 – 2020), dan (3) pengaruh keberadaan perkebunan kelapa sawit bagi petani kelapa sawit di Kampung Bukit Makmur dapat dlihat dari segi ekonomi dan sosial. Kehidupan ekonomi petani kelapa sawit semakin berkembang jika dilihat dari pendapatan, kualitas rumah, dan kepemilikan aset lainnya. Sedangkan dalam kehidupan sosial petani kelapa sawit dapat dilihat dari sistem kekerabatan, hubungan kerjasama, waktu kerja, dan pendidikan yang semakin berkembang dari tahun ke tahun.


Keywords


Petani; Kepala Sawit; Berau.

Full Text:

PDF

References


Almasdi, S. (2011). Percepatan Ekonomi Pedesaan Melalui Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(2), 76.

Jamaluddin, A. N. (2015). Sosiologi Pedesaan. Penerbit Pustaka Setia Bandung.

Lubis. (2008). Kelapa Sawit di Indonesia. Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

Madjid, H. M. S., Najamuddin, D., Patahuddin, D., Amiruddin, D. H., Ridha, D. M. R., Jumadi, D., Ahmadin, D., Junaedah, S., Bahri, Rahman, A., Amirullah, & Bustan. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Universitas Negeri Makassar.

Ruslan, I. (2014). Perubahan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Akibat Perkebunan Kelapa Sawit. Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah, 9(2), 32. https://doi.org/10.24260/almaslahah.v9i2.685

Sastraatmadja, E. (1991). Ekonomi Pertanian Indonesia. Penerbit Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shinta Purnama Sari, M. Rasyid Ridha, Bustan Bustan

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.