Pembelajaran Sejarah pada Tingkat SMA di Kabupaten Bulukumba masa Pandemi Virus Corona 19 Tahun Ajaran 2020/2021
(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran mata pelajaran Sejarah di tengah pandemi di Kabupaten Bulukumba dengan menguraikan proses pembelajran, metode yang digunakan, hasil belajar, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh informasi yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Maka dari itu penelitian kualitatif tidak menekankan pada generalisasi, akan tetapi lebih fokus pada maknanya. Dalam pembelajaran virtual online Sekolah di Kabupaten Bulukumba Menggunakan beberapa media di antaranya Whatsapp, Google Clasroom, Zoom Meating, Google Meet, dan Aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut sudah efekti di gunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Walaupun demikian tetap ada kekurangan. Dengan menerapkan metode virtual online dangan luring maka akan lebih efektif sebuah pembelajaran di kartenakan tidak semua peserta didik bisa menggunakan Aplikasi belajaran dan memiliki jaringan yang memadai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, M. (2011). Pendidikan sejarah dan permasalahan yang dihadapi. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi, III(2).
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah (Turatea Kreatif, Ed.). Diambil dari www.Penerbit-ombak.com
Hamid, A. R., & M. Saleh Madjid. (2020). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi
Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Kemendikbud. (2016). SE Sesjen: Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. 4 Januari 2016, Vol. 3, hal. 1–19. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Kementrian Agama RI. (2018). Al-Quran dan Terjemahan (Kementrian Agama RI, Ed.). Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Khoirunnisa. (2020). Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid19 Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iii B Mi Al-Ittihaad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Cakra Books.
Nurul Izzatul Jannah, wawancara yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2021 di UPT SMA Negeri 19 Bulukumba.
pp Muhammadiyah. (2020). PP Muhammadiyah: Tuntunan Beribadah Saat Wabah Covid-19 - Berita | HUKUM KELUARGA ISLAM. Diambil 4 Maret 2021, dari HKI UMM website: http://syariah.umm.ac.id
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. Diambil dari https://www.researchgate.net/
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6). https://doi.org
Sumarni, wawancara yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2021 di UPT SMA Negeri 19.
Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. Diambil dari www.aswajapressindo.co.id
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Diambil dari http://ejournal.umm.ac.id
Article Metrics
Abstract view : 16 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fadli Fadli, Patahuddin Patahuddin, Bahri Bahri
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
PUBLISHED BY :
Prodi Pendidikan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]
Attoriolong INDEXED BY
LICENSED BY :
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.