Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Pangkep pada Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2020/2021

Arjung Arjung(1*), M. Rasyid Ridha(2), Bahri Bahri(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika pembelajaran sejarah di masa Pandemi Covid-19 pada jenjang sekolah menengah atas di Kabupaten Pangkep, dengan menelusuri metode mengajar guru sejarah, media atau aplikasi pembelajaran yang digunakan, dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran selama pandemic Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di dua sekolah menegah atas yaitu UPT SMAN 1 Pangkep dan UPT SMAN 11 Pangkep, pada tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah guru sejarah, dan 40 siswa dari kelas IPS di tingkatan kelas X dan XI. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyusunan data dan kategorisasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Metode mengajar guru sejarah di Kabupaten Pangkep pada UPT SMAN 1 Pangkep adalah penugasan sedangakan di UPT SMAN 11 Pangkep adalah materi dan penugasan (2) aplikasi pembelajaran sejarah yang di gunakan adalah WhatsApp (UPT SMAN 1 Pangkep) dan kombinasi terdiri atas whatsApp, google form, Classroom, Youtube, dan google meet (3) keaktifan siswa menunjukkan bahwa siswa aktif mengikuti pembelajaran secara daring, namun tidak dapat di pungkiri siswa lebih memilih pembelajaran luring. Berbagai faktor mempengaruhi pembelajaran sejarah di masa Pandemi Covid-19, seperti guru yang belum mapan akan penguasaan teknologi berbasis internet, siswa tidak mempunyai handphone atau aplikasi WhatsApp, signal internet yang sulit dijangkau sebab rumah siswa yang berada di desa, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas masih kurang, dan kesadaran orangtua maupun kondisi lingkungan yang kurang mendukung sehingga capaian hasil belajar siswa kurang maksimal.


Keywords


Pembelajaran Sejarah; Pandemi Covid-19; Kabupaten Pangkep

Full Text:

PDF

References


Erni, S., Vebrianto, R., Miski, C. R., MZ, Z. A., Martius, & Thahir, M. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs dimasa Pendemi Covid 19 di Pekanbaru : Dampak dan Solusi. Journal of Education and Learning.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh).

Prawati, S. (2016). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN No 1 Pangalasiang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(2354-614X), 1–17.

Nina Herlina, M. S. (2020). Metode Sejarah. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah. www.aswajapressindo.co.id

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru.


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arjung Arjung, M. Rasyid Ridha, Bahri Bahri

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.