Peran K.H Muhammad Thahir dalam Mengembangkan Islam di Polewali Mandar, 1875-1952

Nurhidayah Nurhidayah(1*), Bahri Bahri(2), Asmunandar Asmunandar(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1)latar belakang kehidupan K.H.Muhammad Thahir, 2)metode pengembangan Islam yang Muhammad Thahir gunakan serta 3)peran Muhammad Thahir dalam mengembangkan Islam di Polewali Mandar. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa tahap mulai dari pengumpulan data (heuristik), kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) K.H.Muhammad Thahir dari latar belakang keluarga yang taat beragama dan didik dalam lingkungan religius, 2) metode yang digunakan oleh K.H.Muhammad Thahir dalam menyebarkan dan mengembangkan Islam di Polewali Mandar melalui pernikahan, pendidikan dan tasawuf (tarekat) dan menggunakan beberapa pendekatan kepada masyarakat, 3)Muhammad Thahir memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan Islam di Polewali Mandar. Keberhasilan Muhammad Thahir dalam melakukan pengembangan Islam di Polewali Mandar dapat dilihat dalam bidang pendidikan, dakwah maupun sosial. Dalam bidang pendidikan dapat dilihat dengan adanya pesantren yang beliau dirikan sedangkan dalam bidang dakwah  beliau merupakan ulama yang mampu mengubah kebiasaan masyarakat yang bertentangan dengan Islam. Adapun dalam bidang sosial merupakan imam yang peka terhadap segala permasalahan yang ada di masyarakat dan beliau menjadi tempat mencari solusi permasalahan dalam segala aspek.


Keywords


Muhammad Thahir; Peran; Polewali Mandar

Full Text:

PDF

References


Abidin, R. (2018). Peran murid dalam mengembangkan ajaran K.H.Muhmaad Thahir (imam Lapeo) di kecamatan Campalagian kabupaten Polewali Mandar [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/14086

Asdy, H. A. (2014). Hakikat dan nilai budaya Mandar (S. Anwar (ed.)). Yayasan Mahaputra Mandar.

Azra, A. (2004). Jaringan ulama Timur Tengah dan kepulauan Nusantara abad XVII & XVIII akar pembaruan Islam di Indonesia. Kencana.

Daliman. (2018). Metode penelitian sejarah (III). Penerbit Ombak.

Hamid, A. R. (2015). Nasionalisme dalam Teror di Mandar tahun 1947. Jurnal Rihlah, III No. 35. oai:journal.uin-alauddin.ac.id:article/1362

Jadid, A. (2018). Dakwah tasawuf imam Lapeo [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12297

Kusnandar, V. B. (2021). RISSC : Populasi muslim Indonesia terbesar di dunia. Https://Databooks.Katadata.Co.Id. https://databooks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia

Maulidar. (2017). Konsep dakwah menurut Quraish Shihab [UIN Ar-Raniry Darussalam]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4295

Muhsin, S. (2010). Perjalanan hidup K.H.Muhammad Thahir imam Lapeo dan pembangunan masjid Nuruttaubah Lapeo, revisi 1-2010. Mesjid Nuruttaubah Lapeo.

Narwoko, J. D., & Suyanto, B. (2010). Sosiologi teks pengantar dan terapan edisi ketiga. Prenada media group.

Nasution, H. (2008). Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Bulan Bintang.

Nata, A. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Penerbit Kencana.

Poesponogoro, M. D., & Notosusanto, N. (1981). Sejarah nasional Indonesia III (U. Tjandrasasmita (ed.)). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Priyadi, S. (2012). Metode penelitian sejarah. Penerbit Ombak.

Ruhiyat. (2013). Kontribusi K.H.Muhammad Thahir dalam pengembangan Islam di Mandar [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/4196

Sejarah, T. P. J. (2018). Pengantar ilmu sejarah. Pendidikan Sejarah UNM.

Sjamsuddin, H. (2016). Metodologi sejarah III. Penerbit Ombak.

Soekanto, S. (2004). Sosiologi keluarga. Rineka Cipta.

Sunanto, M. (2005). Sejarah Peradaban Islam. PT. Grafindo Persada.

Tamsil. (2012). Sejarah pendidikan Islam di pesantren Nuhiyah Pambusuang desa Pambusuang kecamatan Balanipa kabupaten Polewali Mandar [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/5729

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Ilmu pendidikan Islam : rancang bangunan konsep pendidikan monokotomik-holistik. Ar-Ruzz Media.

Zuhriah. (2020). Imam Lapeo wali dari Mandar Sulawesi Barat. Penerbit Gading.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhidayah Nurhidayah, Bahri Bahri, Asmunandar Asmunandar

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.