Pedagang Kaki Lima di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros, 2011-2020

Fadliah Mubakkira(1*), Amirullah Amirullah(2), Bahri Bahri(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang munculnya pedagang kaki lima di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros, aktivitas perdagangan serta kehidupan ekonomi pedagang kaki lima di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros 2011-2020, serta dampak sosial, dampak ekonomi dan dampak lingkungan dan keamanan terhadap keberadaan pedagang kaki lima di Kawasan tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode sejarah  yang terdiri atas empat tahapan yaitu: heuristik (pengumpulan data/sumber), kritik sumber, interpretasi atau penafsiran sumber, dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pedagang kaki lima di Kabupaten Maros sudah ada sejak dulu yang banyak berjualan dipinggir jalan dan hal ini kadang kala menyebabkan kemacetan pada arus lalu lintas. Sehingga pada tahun 2011 pemerintah daerah menemukan ide untuk merelokasi pedagang kaki lima masuk ke Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak yang pada tahun 2020 berjumlah 101 pedagang kaki lima dengan alasan tata ruang kota Maros agar lebih tertib, indah dan asri. Selain itu, pendapatan yang didapatkan oleh pedagang kaki lima selama berjualan disini cukup meningkat meskipun pada masa covid-19 menurun karena tempat ini sempat ditutup. Adapun dampak yang ditimbulkan terhadap keberadaan pedagang kaki lima di Kawasan Kuliner Pantai Tak Berombak yaitu dampak sosial yang cukup kuat interaksinya sesama pedagang, serta masyarakat. Dampak ekonomi tentunya memiliki dampak bagi pedagang kaki lima itu sendiri, dimana dengan berjualan di Kawasan Kuliner PTB pendapatan yang diperoleh cukup meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sedangkan dampak bagi perekonomian maros yaitu dengan mengurangi pengangguran serta adanya PTB dapat memudahkan masyarakat untuk menjangkau kawasan tersebut.


Keywords


Pedagang Kaki Lima; Dampak Sosial; Dampak Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Basrowi, S. J. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1), 64.

Rafidah. (2019). Strategi dan Hambatan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 59.

Rifdan, dkk. 2019. Strategi Kebijakan Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Kota Maros. Universitas Negeri Makassar.

Rusmin Tumanggor, Kholis Ridho, N. (2014). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana.

Rozi, F. (2018). Upaya Pemerintah daerah kabupaten Kuantan Singingi dalam Mendapatkan Piala Adipura tahun 2017. JOM FISIP, 2(2), 2.

Safitri, N. D. (2015). Analisis Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Maros. 13–14.

Sari, N. (2016). Efektivitas Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima Di Pantai Tak Berombak Kabupaten Maros. In Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sulistiono, A. R. Y. (2017). Interaksi Antar Pedagang Kaki Lima Jalan Gambir Kota Tanjungpinang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Tim Pengajar Jurusan Pendidikan Sejarah. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Universitas Negeri Makassar.

Yusuf, D. M. (2015). Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima di Jl. Let.Jen. Hertasning Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima Di Jl. Letjen. Hertasning Baru, Kecamatan Rappocini Kota Makasar., 3–5.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadliah Mubakkira, Amirullah Amirullah, Bahri Bahri

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.