Sekolah Berasrama SMA Negeri 11 Pinrang, 2012-2020.

Achmad Idrus Al Islami(1*), Najamuddin Najamuddin(2), Ahmadin Ahmadin(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang didirikannya, (2) Perkembangan sekolah, dan (3) Dampak keberadaan sekolah tersebut pada alumni dan masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu: heuristik (pengumpulan data atau sumber), kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Latar belakang didirikannya Sekolah berasrama SMA Negeri 11 Pinrang berawal dari adanya dana infrastruktur daerah (DID) Kabupaten Pinrang. Dan juga didasari oleh dukungan masyarakat dan para pakar-pakar pendidikan yang sangat ingin jika di kabupaten Pinrang dibangun sekolah dengan model semi pesantren negeri atau kata lain sekolah berasrama. Gagasan ini juga diperkuat dengan realita belum adanya sekolah dengan model “Boarding School”. (2) Selama didirikannya Sekolah berasrama SMA Negeri 11 Pinrang pada tahun 2012 sampai sekarang ini telah banyak mengalami perkembangan dari segala aspek, mulai dari perkembangan peserta didik, tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kurikulum, dan bahkan prestasi peserta didiknya mulai dari prestasi akademik maupun non akademik. (3) Keberadaan Sekolah berasrama SMA Negeri 11 Pinrang memberikan dampak bagi masyarakat kabupaten Pinrang dan sekitarnya, terutama bagi orang tua peserta didik yang sangat merasakan dampaknya, dan dampak Sekolah berasrama SMA Negeri 11 Pinrang tidak hanya berdampak bagi masyarakat sekitar, tetapi juga berdampak langsung bagi kehidupan para siswa setelah selesai atau kata lain alumni. 


Keywords


SMA Negeri 11; Sekolah Berasrama; Perkembangan dan Dampak

Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. logos wacana ilmu.

Khamdiyah. (2013). Sistem boarding school dalam pendidikan karakter siswa kelas VII MTS Nurul Ummah Kotagede. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kusuma, S. P., & Tati, A. D. (n.d.). Narasi Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Sejarah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. PATTINGALLOANG, 8(1), 11–20.

Notosusanto, N. (1985). Mengerti Sejarah. Universitas Indonesia (UI-Press).

Putra, S. (2017). Pembentukan karakter melalui pendidikan boarding school pada siswa di pondok pesantren skripsi.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Erlangga.

Syahrir, M. J. (2020). Pondok Pesantren Nahdlatul ‘Ulum Di Kecamatan Lau Kabupaten Maros (2002-2018). Universitas Negeri Makassar.

Tati, A. D. R., & Bahri, B. (2019). The Effect of Classroom Management on Student Learning Motivation in Social Science Subject in Fourth Grade of Telkom Elementary School of Rappocini District of Makassar.

Tati, A. D. R., Rohana, R., Said, M., Ahmad, W. K., Bahri, B., & Fatmawati, S. (2019). Influence of Inquiry Method with Library Utilization of Social Studies Learning Outcomes.

Tim Pengajar Jurusan Pendidikan Sejarah. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tim Pengajar.


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Achmad Idrus Al Islami, Najamuddin Najamuddin, Ahmadin Ahmadin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail amirullah8505@unm.ac.id

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.