Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Barru pada Masa Pandemi

Andi Farid Riadi(1*), Bustan Bustan(2), La Malihu(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum [email protected]
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dan penulisan ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana pembelajaran di SMAN 1 Barru pada masa pandemik, Bagaimana Hamabat serta dampak pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Barru pada masa pandemik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendidikan yang terdiri atas empat tahapan yakni: Heuristik (pengumpulan data dan sumber), interpretasi atau penafsiran dan historiografi atau penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandemik telah mengubah metode pembelajaran dan kehidupan ,semua yang berhubungan dengan pendidikan harus berperan aktif dalam mengatasi damapak pandemik ini ,pembelajaran di SMAN 1 Barru di mana pembelajaran secara online ,mareka menggunakan aplikasi whatsapp,youtube,classroom dalam pembelajaran,hambatan dalam pembelajaran online yaitu beberapa siswa tinggal di daerah kurang bagus dalam jaringan sehingga pembelajaran mareka terganggu, bukan hanya jaringan tapi kuota internet juga menjadi hambatan ,di mana beberapa siswa pekerjaan orang tua mareka bertani dan usaha kecil-kecilan, sehingga berdampak siswa ketinggalan dalam pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran; Masa Pandemi; SMAN 1 Barru

Full Text:

PDF

References


Amtiran, A. (2020). Pandemi Covid-19 dan Implikasinya terhadap Polarisasi Mazhab Teologi di Indonesia. 1(2), 64–71.

Ansori, M. H., & Hubei, P. (2020). Wabah COVID-19 dan Kelas Sosial di Indonesia. 14.

Daliman, A. (2018). Metode Penelitian Sejarah. Penerbit Ombak.

Dwi Erna Novianti. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Apa dan Bagaimana? 2019(April 2020), 70–75.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.

Jumriani, J., Bahri, B., & Jumadi, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Pinrang. Attoriolong, 19(2), 68–77.

Misna, T. (2019). The Development of History Learning Media Based on Local Age in Increasing Students’ Understanding on Local History Lectures. International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), 22–26.

Sjamsuddin H. (2012). Metode Sejarah.

Tati, A. D. R., & Bahri, B. (2019). The Effect of Classroom Management on Student Learning Motivation in Social Science Subject in Fourth Grade of Telkom Elementary School of Rappocini District of Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Farid Riadi, Bustan Bustan, La Malihu

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.