Pembelajaran Sejarah pada SMAN di Kota Makassar Masa Pandemi Covid 19 Tahun Ajaran 2020/2021:Studi Kasus pada SMAN 2 Makassar dan SMAN 3 Makassar

Mahdalena Mahdalena(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Bahri Bahri(3),

(1) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(3) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (quality research) yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru, metode pembelajaran sejarah, dan dampak pembelajaran sejarah secara online pada SMAN 2 Makassar dan SMAN 3 Makassar masa pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini antara lain 4 orang guru sejarah dan 6 orang peserta didik pada dua Sekolah Menengah Atas Negeri yakni SMA Negeri 2 Makassar dan SMA Negeri 3 Makassar pada tahun ajaran 2020/2021, serta 2 orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyusunan satuan dan kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Semua aspek kesiapan guru telah dilaksanakan selama pembelajaran online. Beberapa persiapan yang berbeda dengan pembelajaran offline antara lain pengorganisasian materi oleh guru sejarah yang lebih sederhana, pengalokasian waktu pembelajaran yang lebih singkat dari 2-3 kali 45 menit menjadi hanya 30-45 menit dalam satu kali pertemuan, dan teknik penilaian kepada peserta didik yang dirasa lebih sulit karena tidak dapat memantau keseharian peserta didik secara langsung, 2) Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sejarah secara online antara lain model pembelajaran ekspositori, saintifik, dan kooperatif  dengan metode ceramah dan diskusi. Media atau alat peraga pembelajaran seperti buku, peta, globe, dan lainnya telah berubah dengan memanfaatkan media yang dapat dijangkau secara online antara lain buku elektronik, powerpoint, bahan ajar di internet dan memanfaatkan video pembelajaran pada youtube. (3) Pembelajaran sejarah secara online memiliki dampak positif pada kemudahan pengerjaan dan pengumpulan tugas bagi peserta didik, dan berdampak negatif pada rasa jenuh dan sulit menerima atau memahami materi yang dianggap padat dan membutuhkan penjelasan berulang. Terlebih, peserta didik tidak dapat serta merta bertanya apabila tidak mengerti. Bagi guru, pembelajaran sejarah secara online memiliki dampak positif pada metode mengajar yang dirasakan lebih fleksibel dan dapat menjalankan aktivitas lain sembari mengajar. Adapun dampak negatifnya adalah sulitnya guru sejarah untuk memantau dan menilai peserta didiknya. Disisi lain, dampak pembelajaran sejarah secara online bagi orang tua peserta didik yakni dapat lebih dekat dengan keluarga, walaupun sulit mengontrol dan mengatur kedisiplinan anak di rumah. 


Full Text:

PDF

References


Atsani, K., & Zainuddin, L. G. M. (2020). Transformasi Medua Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

BPS. (2021). Kota Makassar dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kota Makassar.

Gamar, M. M., & Tati, A. D. R. (2021). Utilization of ICT-Based Learning Media in Local History Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 12079.

Jumriani, J., Bahri, B., & Jumadi, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 2 Pinrang. Attoriolong, 19(2), 68–77.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id.

LTMPT. (2020). Top 1000 Sekolah. LTMPT.Ac.Id.

Mansyur, A. R. (2021). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxcio di Malang. Jurnal Intekna, 14(2), 102–209.

Rosali, E. S. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Juornal (GEOSEE), 1(1), 22–30.

Tati, A. D. R., & Bahri, B. (2019). The Effect of Classroom Management on Student Learning Motivation in Social Science Subject in Fourth Grade of Telkom Elementary School of Rappocini District of Makassar.

Tati, A. D. R., Rohana, R., Said, M., Ahmad, W. K., Bahri, B., & Fatmawati, S. (2019). Influence of Inquiry Method with Library Utilization of Social Studies Learning Outcomes.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mahdalena Mahdalena, Patahuddin Patahuddin, Bahri Bahri

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

PUBLISHED BY :

Prodi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.3, Prodi Pendidikan Sejarah, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.Phone 082395232077 E mail [email protected]

 

Attoriolong INDEXED BY

 

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Attoriolong is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.